Unduh Aplikasi

Pakar Hukum: Selama Tidak Dibatalkan, Qanun LKS Tetap Berlaku

Pakar Hukum: Selama Tidak Dibatalkan, Qanun LKS Tetap Berlaku
Pakar Hukum, Mawardi Ismail. Foto: IST

BANDA ACEH - Pakar Hukum, Mawardi Ismail menyebutkan, secara penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) tidak ada masalah.

Ia mengatakan, dalam aspek regulasi, Qanun LKS itu sudah disahkan dan telah difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sepanjang Qanun LKS itu tidak dibatalkan, tidak ada yang meminta pembatalan, dan tidak ada yudiksial review maka qanun itu tetap berlaku," kata Mawardi saat dihubungi AJNN, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, saat ini yang menjadi problem pada penerapan Qanun LKS itu ialah secara ekonomi dan secara bisnis.

"Kalau secara hukum dia tidak ada masalah," tegasnya.

Ia menambahkan, terkait Gubernur Aceh yang belum mengambil sikap tentang Qanun LKS kata Mawardi, hal itu perlu ada pengkajian dari aspek non yuridiksial, meskipun pengkajian itu dapat bermuara ke aspek yuridis.

Menurutnya, saat ini pemerintah Aceh melalui Gubernur Aceh dan DPR perlu membentuk suatu tim independen untuk mengkaji semua keluhan terkait pelaksanaan Qanun LKS ini.

"Artinya saat ini kita melihat para pengusaha itu memberikan jawaban-jawaban praktis. Lalu para ahli menjawabnya secara dogmatis," jelasnya.

"Yang jadi persoalan, seberapa siap seberapa antisipatifnya Pemerintah Aceh dan Bank Syariah terhadap potensi-potensi kerugian yang dialami masyarakat," pungkasnya.

|INDRA WIJAYA

Komentar

Loading...