Unduh Aplikasi

PAKAR Aceh minta pemerintah evaluasi data penerima dana PSKS

PAKAR Aceh minta pemerintah evaluasi data penerima dana PSKS
Safrizal
BANDA ACEH-Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat Aceh (PAKAR-ACEH) minta pemerintahan Aceh dan kabupaten kota mengevaluasi Data penerima Dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS).

Direktur Investigasi PAKAR Aceh, Safrizal mengatakan selama ini pemerintah tidak mengevaluasi data sehingga penyalurannya tidak tepat sasaran.

"Berdasarkan analisis kami di lapangan, pembagian dana PSKS masih mengacu pada Sensus penduduk 2012-2013, sedangkan data sensus akan berubah setiap tahunnya," kata dia, Sabtu (6/12).

Kata dia, jika masih menggunakan data tahun 2012-2013 maka besar kemungkinan terindikasi penyalurannya tidak tepat.

"Malah ada sebagian masyarakat yang mendapatkan bantuan dana PSKS itu mayoritas bukan masyarakat miskin, berbagai persolan data yang kami dapatkan dilapangan seperti adanya desa yang tidak mendapatkan sama sekali dana subsidi itu," katanya.

Program PSKS diluncurkan Presiden Jokowi sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM untuk masyarakat.

"Seharusnya kebijakan Jokowi-Jk dalam mengalihkan subsidi BBM lebih tepatnya diikuti oleh pemerintah propinsi dan kabupaten/kota dengan mengevaluasi data penerima hak, bukan mengacu pada data kompensasi masyarakat miskin pada masa pemerintahan SBY-Boediono yang menuai masalah dan kritikan,"katanya.

NAZLA

Komentar

Loading...