Unduh Aplikasi

Pakai APBK, Pembangunan Mapolres Pidie Jaya Disesalkan

Pakai APBK, Pembangunan Mapolres Pidie Jaya Disesalkan
Ketua APA Pidie Jaya, Ariza. Foto: For AJNN

PIDIE JAYA - Aliansi Pemuda Aceh (APA) Pidie Jaya sangat menyesalkan pembangunan Mapolres Pidie Jaya mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) setempat.

Ketua APA Pidie Jaya, Ariza kepada AJNN, Jumat (1/5) mengatakan, dana APBK kabupaten yang sangat dibutuhkan oleh masyaralat Kabupaten Pidie Jaya tidak seharusnya dipergunakan untuk instansi vertikal seperti pembangunan gedung Mapolres.

"Pembangunan gedung Polres Pidie Jaya seharusnya menggunakan dana APBN Pusat. Apa yang terjadi, apakah pusat tidak memprioritas anggaran untuk membangun sebuah gedung Polres kabupaten pemekaran, atau hanya pejabat-pejabat kabupaten yang ingin menciptakan proyek-proyek untuk lembaga vertikal," kata Ariza.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp 4.7 miliar untuk pembangunan Mapolres Pidie Jaya itu dapat dipergunakan untuk pembangunan rumah fakir miskin di kabupaten pemekaran dari Kabupaten Pidie tahun 2007 lalu itu.

"Karena dana Rp 4.7 miliar itu begitu besar, untuk membangun rumah fakir miskin bisa mencapai 60 unit dengan kalkulasi 80 juta per rumah," jelasnya.

Putra Panteraja itu menambahkan, ia tidak mempermasalahkan bantuan pemerintah setempat untuk instansi vertikal. Namun kata dia, semua itu ada batasnya.

"Untuk sekedar rehab gedung Polres sementara atau membeli mobiler sekitar Rp 500 juta sampai dengan Rp 1 miliar. Kenapa mesti digunakan untuk pembangunan gedung yang begitu besar mencapai Rp 4.7 miliar," cetusnya.

Komentar

Loading...