Unduh Aplikasi

Pak Nas: Pastikan Sandang, Pangan dan Air Bersih untuk Penyintas Gempa Pidie Jaya

Pak Nas: Pastikan Sandang, Pangan dan Air Bersih untuk Penyintas Gempa Pidie Jaya
Bupati Aceh Tengah Nasaruddin. Foto: ist

PIDIE JAYA - Bupati Aceh Tengah Nasaruddin meminta proses penanganan masa tanggap darurat ini dilakukan dengan menyediakan lokasi pengungsian yang baik, pemberian bantuan sandang dan pangan, termasuk penyediaan air bersih yang cukup dan pelayanan kesehatan yang optimal.

Pak Nas--sapaan Nasaruddin--juga berharap selama masa tanggap darurat, koordinasi yang dibangun oleh seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan masa tanggap darurat berjalan baik. Dia juga menyarankan agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi segera dimulai.

"Jangan terlalu lama selang waktu antara tanggap darurat dengan rehab-rekon. Untuk penanganan tanggap darurat dan rehab-rekon, dukungan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat sangat dominan, terutama dalam membangun kembali rumah warga yang tertimpa musibah," ujar Nasaruddin, Ahad (11/12).

Pemerintah kabupaten yang terkena bancana memiliki keterbatasan pendanaan untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi sesegera mungkin. Untuk itu, dia menyarankan Pemerintah Aceh dan Pusat, melalui BNPB, bergerak cepat seperti yang dilakukan saat menangani gempa di Dataran Tinggi Gayo.

Rehabilitasi juga harus disegerakan terhadap fasilitas publik, seperti rumah ibadah, sarana pendidikan dan fasilitas kesehatan. Kamis lalu, Nasaruddin melihat langsung lokasi bencana.

Nasaruddin juga meminta masyarakat korban bersabar. Menurut dia, pemerintah pasti berusaha memberikan yang terbaik buat masyarakatnya. Namun hal ini membutuhkan koodinasi yang juga membutuhkan waktu.

Nasaruddin juga mengimbau masyarakat Aceh untuk membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah, terlebih di masa tanggap darurat. Solidaritas dari masyarakat di seluruh Aceh bahkan dari berbagai penjuru tanah air sangat membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah.

Komentar

Loading...