Unduh Aplikasi

Pagi Ini di Lampulo, Zaini Tegaskan Komitmen Pemerintah untuk Sejahterakan Nelayan

Pagi Ini di Lampulo, Zaini Tegaskan Komitmen Pemerintah untuk Sejahterakan Nelayan
Zaini Abdullah bersama sejumlah nelayan dan pedagang ikan di TPI Lampulo, Banda Aceh. Foto: ist

BANDA ACEH - Hujan gerimis di Banda Aceh, pagi ini, tak menyurutkan langkah Gubernur Aceh Zaini Abdullah untuk menyapa langsung masyarakat. Tanpa pengawalan, Zaini yang kini menjalani masa cuti bertatap muka dan mendengarkan langsung keluhan para nelayan dan pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Lampulo.

“Kami harap Abu (sapaan Zaini Abdullah) sehat dan tetap memperhatikan kesejahteraan nelayan," kata seorang nelayan sambil menunjukkan hasil tangkapannya kepada Zaini, Senin (7/11)

Dalam kesempatan itu, Zaini menyampaikan keinginannya untuk terus meningkatkan taraf kesejahteraan nelayan Aceh. Apalagi Aceh memiliki kekayaan laut yang melimpah. Zaini mengatakan, hanya perlu keseriusan dan kebijakan tepat untuk mendorong pemanfaatan hasil laut yang memberikan keuntungan lebih kepada para nelayan Aceh.

“Jika nelayan sejahtera, artinya setengah dari masyarakat Aceh sejahtera. Sebab profesi ini adalah mata pencaharian utama yang melibatkan sebagian besar penduduk Aceh,” kata Zaini.

Dalam kesempatan itu, Zaini juga berharap pemerintahan yang akan datang tetap berkomitmen untuk menjalankan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Beberapa waktu lalu, Zaini menandatangani kesepakatan terkait dengan perencanaan penyusunan strategis perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudi daya ikan dan tambak garam di Aceh. Kesepakatan ini menjadikan Aceh sebagai daerah pertama yang menerapkan aturan tersebut.

“Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita semua benar-benar membangun sebuah sistem yang mampu melindungi dan menjaga harkat dan martabat nelayan Aceh. Memberikan mereka kesempatan untuk hidup sejahtera dengan membuka seluas-luasnya untuk membangun daya saing,” kata Zaini.

Komentar

Loading...