Unduh Aplikasi

Pagi Idul Adha, Tiga Dokter dan 14 Perawat Serta Satu Staf RSUDZA Positif Covid-19

Pagi Idul Adha, Tiga Dokter dan 14 Perawat Serta Satu Staf RSUDZA Positif Covid-19
Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Sejumlah tenaga medis di Rumah Sakit Zainoel Abidin terkonfirmasi positif Covid-19. Pagi ini Jumat (31/7), AJNN memperoleh informasi bahwa tiga orang dokter yang mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bagian Paru di RSUDZA dan 10 perawat di perawatan Aqsa 1 terkonfirmasi positif Covid-19.

"Iya benar, tapi saya belum mendapatkan update detail," kata Direktur RSU Zainoel Abidin, Azharuddin kepada AJNN, Jumat (31/7). 

Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil tes usap PCR dari Balitbangkes Aceh yang diperoleh kemarin malam. Selain itu, di Instalasi Gawat Darurat (IGD), juga terdapat lima orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdiri dari empat perawat dan satu pendorong pasien.

Penyebaran ini menyebabkan semua pasien di ruang Aqsa 1 diisolasi. Ruang Aqsa 1 merupakan ruang untuk pasien yang didiagnosa Pneumonia. Saat ini, di ruangan itu, dirawat empat orang pasien Covid-19. Mereka tidak bisa dipindahkan karena tak ada ruang kosong sebagai pengganti.

Sementara itu, situasi di RSUDZA saat ini sangat mencemaskan. Sumber AJNN mengatakan penularan ini diperkirakan bisa terjadi kepada seluruh tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit itu jika tidak langkah cepat antisipasi. Hal ini akan mengakibatkan RSUDZA kekurangan petugas medis dan paramedis karena tertular dan harus menjalani perawatan atau diisolasi.

Komentar

Loading...