Unduh Aplikasi

Padi Mulai Menguning, Petani Agara Tersenyum Bahagia

Padi Mulai Menguning, Petani Agara Tersenyum Bahagia
Kondisi tanaman padi di Agara menjelang musim panen. Foto: AJNN/RIKI.

ACEH TENGGARA - Padi adalah salah satu komoditi pertanian utama pendongkrak ekonomi masyarakat. Bukan hanya di Indonesia secara umum, namun di Aceh Tenggara padi juga menjadi komoditas andalan.

Dalam beberapa hari terakhir, senyum petani padi di Agara mulai mengembangkan melihat kondisi tanaman padi yang mereka tanam mulai rata kuning. Hal ini menandakan padi tanaman padi tersebut, tidak lama lagi sudah bisa dipanen.

Para petani di Agara menaruh harapan dan keinginan agar hasil panen tahun in sesuai harapan dan keinginan mereka.

Usin, petani Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, kepada AJNN, Rabu (7/4/2021) mengungkapkan kegembiraanya karena tanaman padinya sudah rata menguning, yang berarti sebentar lagi mereka akan menghadapi masa panen dan hasilnya bisa dinikmati bersama keluarga.

Usaha Usin dan sejumlah petani lainnya dari mulai musim tanam hingga saat ini memang tidak mudah. Mereka sempat kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

"Walau agak tertatih mendapatkan pupuk bersubsidi saat awal bertanam, namun semua terbayarkan dengan kondisi tanaman padi kami yang baik tumbuh subur," ujar Usin sambil tersenyum sumringah.

"Lihatlah saat ini semua tanaman padi kami sudah rata menguning, itu tandanya musim panen akan segera tiba," ujar Usin sambil mengajak AJNN melihat - lihat hamparan tanaman padi yang sudah menguning  di sawah miliknya

Dengan tersenyum, Usin menyampaikan rasa bahagia atas kondisi hamparan padi para petani. "Saya tersenyum ini berarti senang karena tanaman kami tumbuh dengan baik dan subur," ujarnya.

Petani lainnya bernama Abdul mengatakan senyuman dan kebahagiaan kami akan lebih, apabila saat panen tiba nanti harga gabah normal atau bahkan tinggi. 

"Semua akan lebih sempurna bila harga gabah saat panen tiba dalam kondisi normal," ujar Abdul.

|RIKI

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...