Unduh Aplikasi

Pabrik Semen dan Tambang Kapur akan Dibangun di Kecamatan Batee 

Pabrik Semen dan Tambang Kapur akan Dibangun di Kecamatan Batee 
Lokasi lahan bakal didirikan pertambangan batu kapur dan pabrik semen di Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Pidie. Foto: AJNN/Salman.

PIDIE - PT Mas Putih Belitung (PT MPB) dikabarkan bakal mendirikan pertambangan batu kapur dan pabrik semen di wilayah Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie. Bahkan, menurut informasi yang diperoleh AJNN, ratusan hektar lahan yang masuk dalam kawasan pertambangan sudah dibebaskan di Gampong Kareung dan Kulee. 

Pembebasan lahan tersebut juga dibenarkan mantan Geusyik Kulee, Muhammad yang dikonfirmasi wartawan beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, pembebasan lahan ini sudah selesai dilakukan sejak 2015 lalu.

Dia menyebutkan, lahan seluas 120 hektare perbukitan di wilayah Gampong Kulee sudah dibebaskan oleh perusahaan tersebut dengan melibatkan pihak notaris saat proses pengukuran pada saat itu.

Menurut Muhammad, harga per hektare lahan perbukitan yang digarap masyarakat dibayar Rp 25 juta hingga Rp 32 juta. 

"Saat proses pembebasan lahan itu masyarakat langsung dengan notaris dari Banda Aceh dan jika tidak salah 1 hektar dibayar sekitar Rp 30 juta. Kita hanya mengetahui saja saat proses pembebasan lahan itu," katanya. 

Sementara itu, Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) mengatakan, secara hukum adat, tanah tersebut milik masyarakat Kecamatan Batee, namun tergantung masyarakat di sana dapat memanfaatkan lahan tersebut atau sebaliknya ingin pihak lain untuk memanfaatkan.

"Kita pemerintah daerah menyerahkan kepada masyarakat setempat jika masyarakat mendukung, pemerintah juga ikut mendukung. Artinya kita kembalikan kepada masyakakat," kata Abusyik. 

Secara terpisah, Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pidie, Edy Saputra mengatakan, PT Mas Putih Belitung saat ini sedang melengkapi dokumen-dokumen perizinan eksplorasi tambang dan industri semen di Gampong Kulee dan Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Pidie.

AJNN sendiri sampai saat ini belum berhasil menghubungi pihak PT MPB untuk mengkonfirmasi kebenaran rencana pembangunan pabrik Semen dan Tambang Kapur tersebut.

Dari penelusuran AJNN di sejumlah website, perusahaan tersebut beralamat di Jalan Jembatan Tiga Raya Kompl Pluit Mas Raya Bl AA/1 Jakarta. MPB sendiri merupakan anak perusahaan PT Jui Shin Indonesia (JSI) yakni perusahaan yang memproduksi semen merk Garuda. MPB menggali batu kapur untuk bahan baku semen JSI. 

Komentar

Loading...