Unduh Aplikasi

Ormas mitra strategis pemerintah dalam pembangunan

ACEH BARAT DAYA - Dalam era demokrasi saat ini, Organisasi Masyarakat (Ormas) merupakan sebuah institusi non pemerintah yang diakui keberadaannya. Kehadiran Ormas dalam mengontrol proses pembangunan dirasakan sangatlah penting, sehingga pemerintah menggangap ormas merupakan mitra yang strategis.

Sebagai sebuah elemen dalam masyarakat, Ormas juga dituntut untuk bersikap kritis. Ormas diharapkan pula mampu memberikan kritik yang konstruktif kepada pemerintah, sehingga kerja-kerja pemerintah dalam melayani dan mensejahterakan rakyatnya dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) dalam sambutannya pada acara penguatan kapasitas Ormas yang dibacakan oleh Kasubbid fasilitasi ormas/LSM dan Lembaga Asing, Musmulyadi, senin(1/12), di Hotel Khana Pakat Aceh Barat Daya (Abdya).

"Kritik itu penting, tapi berikanlah kritik yang konstruktif kepada pemerintah," kata Musmulyadi.

Dijelaskannya, sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah, Ormas harus mampu memberikan kontribusi positif dalam kehidupan sosial masyarakat. Untuk itu, agar fungsi Ormas dapat berjalan sebagaimana mestinya, maka pemerintah memandang perlu meningkatkan kapasitas Ormas dalam menjalankan fungsinya.

"Kedepan kita akan berusaha untuk menggelar kegiatan seperti ini sesering mungkin," ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Musmulyadi menyampaikan permohonan maaf dari Kaban kesbangpol dan linmas aceh Nasir Zalba atas ketidakhadirannya.

"Bapak Nasir Zalba menyampaikan salam kepada seluruh peserta, dan memohon maaf atas ketidak hadirannya"ujarnya.

Kegiatan tersebut digelar atas kerja sama bBadan Kesbangpol dan Linmas Aceh dan Kesbangpol Kabupaten Abdya. Acara ini dihadiri oleh puluhan Ormas/LSM dan yayasan yang ada di Kabupaten Abdya.

|IM

Komentar

Loading...