Unduh Aplikasi

Orang Gila di Aceh Jaya Capai 382 Orang

Orang Gila di Aceh Jaya Capai 382 Orang
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH JAYA - Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Aceh Jaya berangsur turun. Namun tingkat kerawanan semakin membahayakan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya melalui Kabid P2P, Idham mengatakan jika hingga Desember 2019, pihaknya sudah mencatat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mencapai 382 orang yang tersebar di setiap kecamatan.

"Berdasarkan data yang masuk ada sebanyak 382 orang yang mengalami gangguan jiwa di seluruh Aceh Jaya," kata Idham yang dihubungi AJNN, Selasa (14/1).

Ia juga menjelaskan jika jumlah ODGJ di Aceh Jaya saat ini sudah semakin turun jika dibandingkan pada tahun 2018 yang mencapai 400 orang.

Selain itu, ODGJ di Aceh Jaya saat ini dibagi dalam dua tingkatan, ada yang sudah mandiri maka akan dibekali yang pusatnya saat ini ada di Kecamatan Panga dan Kecamatan Teunom, bahkan mereka dibantu untuk membuat karya, misalnya membaut becak dan lain sebagainya dan tergantung apa yang mereka mampu.

Baca: Orang Gila Kembali Bacok Warga di Aceh Jaya, Korbannya Guru Pesantren

"Jika masih berat atau masih ada sifat kekerasan, maka kami kasih obat sama keluarga, namun yang menjadi persoalan saat ini adalah tingkat kepatuhan minum obat dan kontrol dari keluarga, ini jadi masalah," kata Idham.

Dari itu, pihaknya berharap keluarga dapat proaktif dalam menjaga pasien jiwa, agar kasus pembacokan dan juga mengganggu ketertiban umum lainnya tidak terjadi lagi kedepan.

"Dukungan keluarga ini sangat dibutuhkan, khususnya dalam menjaga dan mengontrol obat yamg teratur agar pasien tidak kambuh lagi," pungkas Idham.

Adapun data ODGJ berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Aceh Jaya yakni; 418 orang pada bulan Januari 2018, kemudian turun menjadi 400 orang Juni 2019, dan turun menjadi 382 hingga Desember 2019.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...