Unduh Aplikasi

Dampak PPKM Darurat di Jawa dan Bali

Operasional Penerbangan di Bandara Malikussaleh Dihentikan

Operasional Penerbangan di Bandara Malikussaleh Dihentikan
Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe. Foto: Kemenhub.

LHOKSEUMAWE - Bandar Udara (Bandara) Malikussaleh, kembali menghentikan operasional penerbangan selama lebaran Idul Adha 1442 Hijriah. Hal itu disebabkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang berlaku di Pulau Jawa dan Bali.

“Jadi, akibat PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali yang memberlakukan pemeriksaan PCR dan surat vaksin, dari tanggal 8 hingga 20 Juli 2020 Wings Air membatalkan penerbangan dari dan menuju ke Lhokseumawe,” kata Kepala Bandara Malikussaleh, Sofyan Rasad kepada AJNN, Minggu (18/7/2021).

Alasan Wings Air membatalkan penerbangan dari rute Kuala Namu ( KNO) Medan - Lhokseumawe  dan sebaliknya, karena jumlah penumpang tidak sesuai dengan target mereka, karena hanya 10 dan 15 penumpang saja.

“Karena kebanyakan penumpang dari Lhokseumawe itu lanjut ke Pulau Jawa, transit di Medan, begitu juga ke Surabaya dan juga ke Jakarta,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Sofyan, penerbangan di Bandara Malikussaleh tidak ada. Namun Bandara sendiri tidak ditutup, serta petugas tetap stay di lokasi seperti hari-hari biasanya.

“Namun jika ada maskapai lain yang transit di Bandara Malikussaleh tetap bisa, seperti hari ini misalnya penerbangan carter oleh Pelita Air dari Jakarta. Dan besok juga akan melakukan penerbangan kembali, beberapa hari lalu juga kita melayani pesawat Herkules,” tuturnya.

Sofyan menyampaikan kepada calon penumpang, mudah-mudahan PPKM darurat tersebut dan peraturan untuk transportasi udaranya diringankan, sehingga pesawat kembali bisa beroperasi lagi dan melayani penerbangan Lhokseumawe- Kualanamu Airport (KNO).

“Kita tunggu pengumuman dari Pemerintah, dalam hal ini Satuan Tugas (Satgas) dan Menteri Perhubungan tentang persyaratan perjalanan beroperasi, dan setelah itu Wings Air mudah-mudahan bisa menindaklanjutinya,” ujarnya.

Di Bandara Malikussaleh sendiri, Sofyan pihaknya juga menyediakan tes antigen yang diselenggarakan oleh pihak ketiga. Namun untuk vaksinasi pihaknya sudah bekerjasama dengan Puskesmas, nanti kelanjutan akan bertemu dengan Kepala Dinas Kesehatan meminta menempatkan petugas di Bandara.

“Ini dilakukan untuk mempermudah calon penumpang yang akan melakukan penerbangan di Bandara Malikussaleh,” imbuhnya.

Komentar

Loading...