Unduh Aplikasi

Operasional Bank Konvensional Ditutup di Aceh, YARA Gugat BRI, Mandiri dan BCA ke PN Jakarta

Operasional Bank Konvensional Ditutup di Aceh, YARA Gugat BRI, Mandiri dan BCA ke PN Jakarta
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Ketua Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Provinsi Aceh, Safaruddin melayangkan gugatan terhadap Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Central Asia (BCA) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Safaruddin mengungkapakan, gugatan tersebut dilakukan terkait kebijakan ke tiga bank itu yang menutup seluruh operasionalnya di Aceh. 

Sehingga, kata Safaruddin, masyarakat Aceh yang menjadi nasabah pada Bank Mandiri, BCA dan BRI konvensional akan mendapat kendala jika ingin melakukan kegiatan perbankan dan mengakses fasilitas perbankan lainnya di tiga bank tersebut.

Menurut Safaruddin, dalam Qanun No 11 tahun 2018 tentang LKS tidak ada pasal atau ayat yang memerintahkan penutupan terhada bank konvesional, karena qanun itu dibuat untuk penguatan LKS di Aceh dalam rangkan penguatan keistimewaan Aceh dalam menjalankan syariat Islam seperti yang disebut dalam pasal 21 Qanun No 8 tahun 2014 tentang Pokok Pokok Syariat Islam.

“Saya sudah sampaikan kepada Bank Mandiri, BCA dan BRI bahwa tidak ada landasan hukum untuk melakukan penutupan bank konvensional, dan langkah tersebut akan merugikan saya dan nasabah konvensional lain di Aceh," kata Safaruddin, yang diterima AJNN, Kamis (3/12).

ia menjelaskan, qanun LKS di buat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh dengan semangat bahwa setiap bank konvensional yang beroprasional di Aceh harus membuka unit usaha syariah sebagaimana di tegaskan dalam pasal 21 ayat (2) Qanun No 8 tahun 2014, yang kemudian dikembangkan dalam Qanun No 11 tahun 2018. 

Bahkan, setelah mendatangi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, kedua instansi tersebut menjelaskan tidak memberikan perintah untuk melakukan konversi nasabah ke syariah dan juga penutupan bank konvensional di Aceh. 

Kendati demikian, pihak Bank Mandiri, BCA dan BRI tetap memproses penutupan bank konvensional hingga saat ini. 

"Oleh karena itu kita mendaftarkan gugatan ke pengadilan negeri Jakarta pusat karena merasa dirugikan dan menganggap penutupan bank konvensional di Aceh ini adalah perbuatan yang melanggar hukum," tutup Safaruddin.

Komentar

Loading...