Unduh Aplikasi

Operasi Zebra Dimulai 26 Oktober 2020, Enam Pelanggaran Yang Diincar

Operasi Zebra Dimulai 26 Oktober 2020, Enam Pelanggaran Yang Diincar
Personel Ditlantas Polda Aceh melakukan razia dan penertiban penggunaan masker. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh akan menggelar operasi kepolisian kewilayahan tingkat Polda dan Polres atau operasi zebra selama dua pekan yang dimulai 26 Oktober 2020. 

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan operasi ini melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan serta Satuan Pamong Praja. 

"Operasi ini dilaksaksanakan hingga 8 November dengan melibatkan tim gabungan," kata Kombes Pol Dicky, Rabu (21/10). 

Ia menyebutkan dalam operasi zebra tahun ini, ada enam target sasaran prioritas pelanggaran diantaranya tidak menggunakan helm SNI, mabuk saat mengemudi kenderaan, melawan arus serta pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt. 

Selain itu, sasaran pelanggaran juga ditujukan bagi pengendara yang masih dibawah umur, pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan dan pengemudi. 

"Pelaksanaan tetap mengedepankan giat preemtif, preventif dan gakkum guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalulintas," ujarnya. 

Tujuan dari operasi ini, kata Dicky untuk mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, mengurangi lokasi kemacetan, serta terciptanya situasi keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang nyaman.

"Pelaksanaan operasi zebra tetap mematuhi protokol kesehatan. Apabila ditemukan pengemudi melakukan pelanggaran akan ditilang dan pelanggar wajib menghadiri sidang di pengadilan negeri," ungkapnya. 

Komentar

Loading...