Unduh Aplikasi

Operasi Zebra 2019 Sasar Keabsahan Administrasi Kenderaan Bermotor

Operasi Zebra 2019 Sasar Keabsahan Administrasi Kenderaan Bermotor
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh melaksanakan Operasi Zebra Rencong 2019 selama 14 hari 23 Oktober hingga 5 November 2019. Sebanyak 620 personel di terjunkan dalam operasi zebra ini.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Hendro menyebutkan ada beberapa target dalam operasi zebra rencong yakni memeriksa keabsahan administrasi kenderaan bermotor seperti STNK serta pajak kendaraan yang harus dibayarkan dan administrasi perorangan yakni Surat Ijin Mengemudi (SIM)

"Target operasi ini memeriksa keabsahan kenderaan bermotor serta mematuhi peraturan tata tertib dijalan raya misalnya tidak mengunakan telepon genggam saat berkendaran dan berkendara di bawah pengaruh alkohol," kata Kombes Pol Hendro, Rabu (23/10).

Ia menyebutkan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas merupakan hal yang mudah, tetapi untuk mengubah perilaku masyarakat agar taat terhadap aturan buka perkara yang mudah.

"Maka dari itu operasi kali ini bisa efektif dalam memberikan pengaruh bagi perubahan sikap atau perilaku dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya keselamatan di jalan raya," sebutnya.

Dari data analisa dan evaluasi, jumlah kecelakaan lalu lintas pada operasi zebra rencong tahun 2017 dan 2018 terdapat 37 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia tahun 2017 terdapat 24 orang dan 2018 menurun 15 orang.

"Keselamatan dalam berlalu lintas menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam meminimalisir angka kecelakaan setiap tahunnya dengan harapan zero Accident," ungkapnya.

Komentar

Loading...