Unduh Aplikasi

Operasi Rencong Aceh Barat Jaring 326 Pelanggar

Operasi Rencong Aceh Barat Jaring 326 Pelanggar
ilustrasi: Indowarta

ACEH BARAT - Operasi Zebra Rencong 2016 yang digelar sepanjang 16-29 November oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Aceh Barat menjaring ratusan pengendara. Mereka ditangkap karena melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan Raya.

Kepala Satlantas Ajun Komisaris Polisi Imam Syafi’i mengatakan jumlah pelanggaran baik berat maupun ringan mencapai 326 pelanggar baik roda empat maupun roda berat. “169 pengendara mendapat tindakan langsung dan 157 hanya berupa teguran.”

Menurut Imam, para pelaku pelanggaran ditilang melakukan pelanggaran berat. Pihaknya menyita 32 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM), 64 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan 73 kendaraan bermotor karena tidak dilengkapi dengan surat kendaraan.

Dari 169 jumlah kendaraan bermotor yang melanggar itu, kata dia, pengguna kendaraan roda dua yang paling banyak melanggar disiplin. Total sebanyak 162 unit pengendara motor. Imam menyebutkan dari 73 jumlah kendaraan bermotor yang disita karena tidak memiliki kelengkapan surat menyurat dirinya belum bisa memastikan ada atau tidaknya yang terindikasi hasil curian.

Imam menjelaskan dari 73 kendaraan bermotor yang disita tersebut, hingga saat ini hanya dua unit kendaraan bermotor yang belum diambil pemiliknya. Polisi menyilakan pemilik kendaraan membawa sepeda motor mereka pulang setelah menunjukkan surat bukti kepemilikan kendaraan.

Mereka yang ditilang, kata Imam, dapat menebus kendaraan bermotor mereka setelah mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Meulaboh yang digelar setiap Kamis.

“Memang tidak seperti tahun lalu yang mencapai 400 pelanggaran. Namun angka pelanggaran ini tetap terbilang tinggi,” kata Imam.

Komentar

Loading...