Unduh Aplikasi

Omzet Pedagang Kue Kering Khas Lebaran di Meulaboh Menurun

Omzet Pedagang Kue Kering Khas Lebaran di Meulaboh Menurun
Pedagang keu kering di Meulaboh. Foto: AJNN/Darmansyah

ACEH BARAT - Pedagang kue kering untuk kebutuhan lebaran mengaku mengalami penurunan omzet selama berjualan dalam bulan suci ramadan 1442 Hijriah atau bulan ramadan tahun 2021 ini.

Penurunan omzet ini dirasakan oleh para pedagang kue kering dadakan tersebut akibat pandemi CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19) yang masih terus berlangsung.

Martillah salah seorang pedagang kue kering dadakan untuk kebutuhan lebaran, mengatakan pada tahun ini mereka dalam sehari hanya memperoleh omzet Rp 6 juta rupiah per harinya, dan ini jauh dari tahun-tahun sebelumnya yang berhasil memperoleh Rp 10 juta per hari.

“Kalau untuk laku sehari Rp 6 juta bang, kalau dihitung-hitung dengan tahun sebelumnya ya menurun bang. Kalau dulu bisa sampai 10 juta per hari. Bisa jadi karena Covid-19 ini bang,” kata Martillah, kepada AJNN.

Menurut lelaki yang akrab dipanggil Boy oleh rekan-rekannya itu, biasanya dua hari menjelang lebaran Idul fitri omzet penjualan terus meningkat namun saat ini jumlah pengunjung masih sepi dan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda belahan dunia.

Kurangnya jumlah pembeli, kata dia, bisa saja disebabkan oleh kondisi keuangan masyarakat yang belum stabil hingga saat ini, sehingga lebih memilih berhemat.

“Mungkin masih sulit keuangan, jadi ya membuat masyarakat tidak terlalu banyak membeli kue persiapan lebaran,” ujarnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...