Unduh Aplikasi

Oknum Anggota Terlibat Narkoba, Kasdam IM: Pecat

Oknum Anggota Terlibat Narkoba, Kasdam IM: Pecat
Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin. Foto: Ist

BANDA ACEH - Aparat gabungan mengamankan sedikitnya 10 orang yang diduga terlibat tindak pidana penyalahgunaan narkoba di dua kamar di hotel kawasan Lampineueng, Banda Aceh, Rabu (2/10) dini hari.

Dari informasi laporan yang diterima AJNN, 10 orang yang diamankan itu terbagi lima orang laki-laki dan lima orang perempuan. Kemudian, dari lima orang laki-laki yang diamankan itu, empat diantaranya merupakan oknum anggota TNI.

Seluruh yang diamankan itu sudah dilakukan tes urine, dimana hasilnya, tiga orang dinyatakan negatif dan tujuh dinyatakan positif sabu. Sementara para perempuan yang diamankan tersebut ada yang masih berstatus mahasiswi.

Masing-masing inisial yang ditangkap MU, WR dan LV berprofesi sebagai swasta. Sementara diduga oknum TNI berinisial AN, BE, AH, NI dan mahasiswi berinisial AM, SS dan RU. Dari penggeledahan, ditemukan barang bukti satu paket narkotika jenis sabu dan satu alat hisap (bong).

Sementara itu, Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen Ahmad Daniel Chardin menyebutkan proses hukum terhadap empat oknum anggota TNI yang ditangkap itu telah ditangani oleh Pomdam Iskandar Muda.

"Sudah diproses di Pomdam," kata Brigjen Ahmad Daniel Chardin kepada AJNN, Jumat (4/10).

Baca: Diduga Terlibat Pesta Sabu, Empat Oknum TNI Masih Ditahan Pomdam IM

Ia mengungkapkan ada sebagian oknum TNI yang diamankan dalam penggeledahan itu negatif sabu, namun tetap akan diberi sanksi dengan pasal pembiaran.

"Yang pasti kami tidak ada toleransi dan akan diproses sesuai dengan apa yang dilakukan," tegas Brigjen Daniel.

Ia mengungkapkan oknum anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba akan dipecat. Seluruh proses hukum terhadap oknum TNI sedang ditangani oleh Pomdam IM.

"Kalau yang sipil sudah diserahkan ke polisi. Tidak ada toleransi, ancaman pecat," ujar Brigjen Daniel.

Bahkan, kata Daniel, personil yang ditahan tiga bulan saja bisa diusulkan untuk dipecat karena tidak pantas lagi menjadi personil.

"Apalagi kalau terlibat narkoba, yang hukuman tiga bulan penjara saja bisa diusulkan pecat," ungkapnya

Ia juga memastikan kalau satu orang oknum yang berpangkat Letkol itu bukan merupakan personil Kodam Iskandar Muda.

"Yang Letkol bukan personil Kodam IM, tapi karena ditangkap di Aceh, maka akan diproses disini," ujarnya.

Komentar

Loading...