Unduh Aplikasi

OJK Bagi Tips Kenali Investasi Bodong

OJK Bagi Tips Kenali Investasi Bodong
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Otoritas Jasa Keuanganan (OJK) Aceh memberikan tips kepada masyarakat agar lebih jeli menilai ciri-ciri investasi bodong.

Kepala OJK Provinsi Aceh, Yusri mengatakan, salah satu ciri investasi bodong yakni legalitas investasi yang ditawarkan tidak jelas.

Lanjutnya, izinnya tidak jelas, memiliki izin kelembagaan namun tidak ada izin usaha.

Baca: OJK Aceh: Yalsa Boutique Tidak Ada Izin dan Tidak Terdaftar

"Selain itu memiliki izin kelembagaan dan usaha, namun melakukan kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan izinnya," kata Yusri saat ditemui AJNN di Kantor OJK Aceh, Rabu (24/2/2021).

Selain itu kata Yusri, ada dua skema yang kerap digunakan para pelaku investasi bodong, yakni skema Piramida dan skema Ponzi.  

"Selain itu menjanjikan keungtungan besar padahal proses bisnisnya tidak jelas. Juga boleh memiliki lebih dari satu akun," ujarnya.

Ia menyarankan kepada masyarakat yang ingin berinvestasi agar mengenali profil investasi diri. Sebab lanjutnya, setiap orang punya tujuan investasi yang berbeda-beda.

Kemudian, pilih jenis produk sesuai kebutuhan, pastikan aspek legalitas bisnis tempat untuk beriventasi, dan pahami siapa regulatornya.

"Juga baca dengan seksama ketentuan produk atau tempat kita untuk berinvestasi," pungkasnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...