Unduh Aplikasi

OJK Aceh: Yalsa Boutique Tidak Ada Izin dan Tidak Terdaftar

OJK Aceh: Yalsa Boutique Tidak Ada Izin dan Tidak Terdaftar
Kantor Yalsa Boutique. Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Terkait dugaan investasi bodong yang dilakukan oleh Yalsa Boutique, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh mengatakan, hingga saat ini Yalsa Boutique tak terdaftar dan berizin di OJK.

Kepala OJK Provinsi Aceh, Yusri mengatakan, karena tidak terdaftar dan berizin di OJK, pihaknya tidak mengetahui legalisasi dari bisnis yang dilakukan oleh Yalsa Boutique.

"Tidak terdaftar dan tidak berizin di OJK, sihingga kita tidak mengetahui legalisasinya," kata Yusri saat ditemui AJNN di Kantor OJK Aceh, Rabu (24/2/2021).

Karena hal tersebut, lanjutnya, bisnis Yalsa Boutique tidak berada di bawah pengawasan OJK dan hingga saat ini juga tidak ada pengaduan maasyarakat kepada OJK terkait investasi yang dilakukan oleh Yalsa Boutique.

"Pembuktian Yalsa Boutique melakukan pelanggaran hukum atau tidak, harus melalui proses dan tata cara ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.

Baca: Total Dana Investasi Masyarakat di Yalsa Boutique Sedikitnya Rp 20 Miliar

Secara garis besar, kata Yusri, investasi ilegal memiliki dua aspek yakni logis dan legal. Karakteristik penipuan investasi, seperti menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat. Kemudian, memanfaatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, publik figure untuk menarik minat masyarakat aggar mau berinvestasi.

Lanjutnya, produk investasi yang ditawarkan dengan janji akan dijamin dengan instrumen tertentu, seperti emas, giro dan dijamin oleh pihak tertentu.

"Yah seperti pemerintah dan bank. Klaim tanpa risiko atau informasi yag disajikan sangat terbatas. Selain itu legalitasnya juga tidak jelas," pungkasnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...