Unduh Aplikasi

Obama: Kerja Sama Indonesia-AS Penting bagi Dunia

Obama: Kerja Sama Indonesia-AS Penting bagi Dunia
Obama
Presiden Amerika Serikat Barrack Obama mengatakan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat tak hanya penting bagi kedua negara, tapi juga bagi dunia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan memainkan peran penting di Asia Tenggara.

"Dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia dan memiliki toleransi dan sikap moderat," kata Presiden Obama ketika memberikan pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Washington DC seperti dikutip dari rilis Tim Komunikasi Presi‎den, Selasa, 27 Oktober 2015. Obama menilai kunjungan Jokowi ke Amerika merupakan peluang untuk meningkatkan kerja sama kedua negara ke tingkatan yang lebih tinggi.

‎Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia merupakan negara demokratis terbesar ketiga di dunia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, menurut Jokowi, Islam Indonesia adalah Islam yang moderat, modern dan toleran. "Kami yakin Islam di Indonesia mampu berperan dalam mengawal demokrasi dan pularisme dan menentang radikalisme dan terorisme," kata Jokowi. ‎

Presiden juga menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia adalah ekonomi terbuka, dimana Indonesia memiliki penduduk 250 juta penduduk. "Dengan jumlah penduduk 250 juta, Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia bermaksud untuk bergabung dalam Trans-Pacific Partnership ," kata Presiden. ‎

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan dua kepala negara antara lain isu perdagangan terutama perkembagan ekonomi digital. "Perkembangan ekonomi digital, merupakan peluang yang baik sekali di Indonesia," kata Obama.

Senada dengan Obama, Jokowi menilai potensi ekonomi digital di Indonesia sanga besar dan menjadi prioritas pemerintah ke depan. "Saya mengajak Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital," kata Jokowi.‎ Selain isu perdagangan, Obama dan Jokowi juga membahas isu perubahan iklim, keamanan global, dan kesehatan.

|TEMPO

Komentar

Loading...