Unduh Aplikasi

Nyayikan ‘Hari Merdeka’ Napi Rutan Kajhu Berbaur Sama Napi Se-Indonesia

Nyayikan ‘Hari Merdeka’ Napi Rutan Kajhu Berbaur Sama Napi Se-Indonesia
BANDA ACEH - Ratusan narapidana warga binaan Rumah Tahanan Kelas II B Banda Aceh ambil bagian dalam momentum peringatan HUT ke-71 RI yang digelar di kompleks Rutan tersebut, Senin (15/8).

Mereka menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’ dan menggelar perlombaan terompah panjang atau bangkiak.

Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Banda Aceh, Fahyudi SH mengatakan kegiatan merupakan upaya mencetak rekor Muri menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’ dengan peserta terbanyak sebagaimana arahan Kementrian Hukum dan HAM.
Rutan Kelas II B merupakan salah satu Rutan yang mendapat kesempatan mengikuti moment yang diselenggarakan serentak melalui video steraming itu.

“Untuk Aceh Rutan Kelas II B dan Lapas Banda Aceh dan sejak Minggu kami telah melakukan persiapan sesuai arahan pusat sebagai pemandu. Di Rutan ini ada 420 warga binaan yang mengikuti, sedang secara nasional ada 150000 orang warga binaa,” kata Fahyudi kepada AJNN, disela kegiatan tersebut.

Menurut Fahyudi, kegiatan ini diharap menumbuhkan dan memupuk rasa nasionalisme kepada tanah air dan kesatuan diantara para narapidana. Selain menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’ rutan dan lapas juga menggelar olahraga tradisional lokal.

“Khusus untuk Rutan Kelas II B kita memilih olah raga Terompah Panjang yang diikuti 90 orang napi. Kami juga menyerahkan hadiah bagi para napi yang memenangkan lomba,”kata Fahyudi.

Pantauan AJNN, sejak pagi ratusan napi Rutan di Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam itu telah berkumpul lengkap dengan seragam biru dan kuning bertulis Waga Binaan. Sebelum mengikuti lomba para napi menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’di depan sebuah tv berukuran besar.

Dilayar tv tampak Menteri Hukum dan Ham, Yasona Lauli hadir memeriahkan acara yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Acara yang berlangsung sejak pukul 06.00 Wib hingga pukul 10.00 Wib tersebut diwarnai keceriaan serta gelak tawa para napi

Komentar

Loading...