Unduh Aplikasi

Nurchalis Teken Surat Pernyataan: Dana Aspirasi untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Nurchalis Teken Surat Pernyataan: Dana Aspirasi untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Surat pernyataan komitmen Nurchalis. Foto: Ist

BANDA ACEH - Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Nurchalis meneken surat pernyataan komitmen apabila terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI pada Pileg 2019.

Dalam surat pernyataan bermaterai 6000 itu, ada enam poin yang akan dijalankan Nurchalis apabila terpilih, salah satunya adalah berkomitmen seluruh dana aspirasi (pokir) akan digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Nurchalis mengatakan tujuan membuat surat pernyataan itu agar masyarakat khususnya daerah pemilihannya yakni Dapil Aceh 1 bisa merasakan kehadiran anggota DPR RI yang telah dipilih.

"Selama ini masyarakat tidak pernah merasakan bagaimana kerja-kerja anggota DPR RI, kalau begini saya buat, masyarakat yang memilih saya akan merasakan apa yang saya berikan kepada mereka (masyarakat) apabila saya terpilih," kata Nurchalis kepada AJNN, Senin (31/12).

Ia mengaku sudah membentuk satu yayasan. Di dalam yayasan akan dimasukkan seluruh relawan yang sudah bekerja mengajak masyarakat untuk memilihnya.

"Yayasan ini ada perwakilan relawan setiap daerah, relawan akan bertanggung jawab terhadap komitmenya yang telah mengajak masyarakat memilihnya," ujar Nurchalis.

Surat pernyataan komitmen Nurchalis. Foto: Ist

Tugas yayasan tersebut, kata Nurchalis, akan membentuk kelompok-kelompok pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan wilayah ekonomi. Kelompok-kelompok itu akan mengajukan proposal ke yayasan agar masuk dalam Musrenbang.

"Setelah masuk musrenbang, disitu tugas saya sebagai anggota DPR RI mengawal program ini masuk dalam anggaran pemberdayaan ekonomi," jelasnya.

Menurutnya, selama ini yang terjadi di lapangan tidak ada yang mengawal masyarakat, karena anggota DPR RI setelah terpilih akan melepas timnya begitu saja, sehingga masyarakat tidak merasakan kehadiran orang yang telah dipilihnya itu.

"Proram-program itu semua bisa saya berikan melalui dana aspirasi, kemudian memperjuangkan agar masuk musrenbang, yang penting tidak melanggar peraturan yang berlaku," kata mantan Sekretaris KNPI Aceh itu.

Nurchalis juga menyebut dalam pernyataan komitmen yang ditekennya itu juga akan menfasilitasi program-program strategis nasional kab/kota di dapilnya untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

"Saya juga berkomitmen untuk mengawal kekhususan Pemerintah Aceh sesuai UUPA," ujarnya.

Masyarakat, kata Nurchalis, bisa menggungatnya ke pengadilan apabila tidak menjalankan sesuai dengan komitmen yang telah ditekennya itu.

"Itu kan materai 6000, masyarakat bisa gugat saya ke pengadilan kalau saya tidak bekerja sesuai dengan komitmen," kata Nurchalis yang maju dari Partai Berkarya nomor urut 1.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...