Unduh Aplikasi

Nova Luncurkan Ekspor CPO Perdana ke India dari Pelabuhan Calang

Nova Luncurkan Ekspor CPO Perdana ke India dari Pelabuhan Calang
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sedang menandatangi Prasasti Peresmian CPO PT.Calang Sejati Indah

ACEH JAYA - Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah melepaskan ekspor perdana CPO Aceh sebanyak 4.900 Metrik Ton senilai USD 2.346.250,00 ke Pelabuhan Krishnapatnam, India dengan menggunakan Kapal Mekong Trans dari Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Kamis (17/10).

Ekspor CPO ini dilakukan oleh PT. Calang Sejati Indah melalui Pelabuhan Calang, Aceh Jaya yang disaksikan Bupati Aceh Jaya, Kepala BI Aceh, Kadin Aceh serta para SKPK setempat yang berlangsung sejak pukul 14.30 hingga 16.00 WIB.

Dalam Sambutannya, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengucapkan selamat atas keberhasilan melakukan ekspor perdana CPO Aceh ini yang diikuti dengan keberhasilan yang lain dan indikator ekonomi Aceh bisa dikoreksi.

"Momentum hari ini bukanlah skala lokal dan nasional tetapi momentum global sebagai salah satu titik ekspor dunia," ujar Nova.

Nova mengaku sebelumnya dia kurang yakin ekspor CPO perdana keluar negeri itu akan sukses, namun dengan tekad PT. Calang Sejati Indah ini serta dukungan Bupati Aceh Jaya dan semua elemen terbukti berhasil .

"Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan, sukses terus untuk CPO Aceh serta Bupati Aceh Jaya," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengatakan bahwa ekspor hari ini adalah pengulangan masa lalu dimana dari pantai Aceh Jaya dulu dilayari kapal dalam negeri dan luar negeri.

"Pelabuhan Calang ini kita harapkan tidak hanya digunakan oleh masyarakat Aceh Jaya tapi seluruh kabupaten kota yang ada di Barsela bisa menggunakannya," harap Irfan.

Selain itu, sambungnya, Aceh Jaya juga sangat siap untuk ditunjuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Kawasan Industri Terpadu (KIT) di wilayah Barat Selatan Aceh.

"Jadi kita berharap dengan adanya pelabuhan Calang dan CPO ini bisa menjadi poin penting untuk bisa terpilih menjadi KEK atau KIT untuk masa yang akan datang," pungkasnya.

Komentar

Loading...