Unduh Aplikasi

Nova Iriansyah dan Pengembangan Pulau Banyak

Nova Iriansyah dan Pengembangan Pulau Banyak
Foto: Ist

Oleh: Kautsar

Diujung pantai barat-selatan Aceh berdekatan dengan Sumatera Utara membentang gugusan pulau-pulau indah tiada tara. Diberi nama Pulau Banyak.

Ramai orang yang kesana membandingkan keindahannya laksana Pulau Maldives yang menjadi tempat liburan banyak selebriti dunia.

Belakangan berkat keterbukaan informasi digital, popularitas Pulau Banyak sebagai destinasi wisata semakin tersohor.

Pulau ini termasuk dalam lirikan investasi negara Uni Emirat Arab jemputan Pak Menteri Luhut B. Panjaitan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya juga memberi atensi yang sama sebagaimana Menko Maritim kepada Pulau Banyak.

Selama ini kita (Pemerintah Aceh) absen memperhatikan pengembangan Pulau Banyak. Mungkin sebab lokasi yang tersumpil jauh dari Banda Aceh. Padahal disana bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru untuk Aceh khususnya disektor pariwisata.

Pemerintah Aceh bisa melakukan inisiatif pengusulan Pulau Banyak sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata sebagaimana Danau Toba di Sumatera Utara yang juga dibidani Menko Luhut B. Panjaitan.

Hal ini sangat dimungkinkan mengingat rombongan Pak Luhut sendiri pada Maret yang lalu pernah bertandang lansung ke Singkil untuk melihat potensi Pulau Banyak.

Pak Luhut mengharapkan Pemerintah Pusat untuk tahun 2021 dapat memperpanjang runway Bandara Syeikh Hamzah Fansuri Singkil sehingga mempermudah mobilitas wisatawan berkunjung ke Pulau Banyak

Meskipun begitu, perhatian kepada pulau Banyak tentu tak harus menunggu harap uluran tangan pemerintah pusat dan para investor. Pemerintah Aceh perlu menunjukkan perhatian awal tentang betapa pentingnya Pulau Banyak kepada Aceh dan Indonesia.

Tentu hal yang paling utama adalah sektor perhubungan, infrastruktur dasar semisal jalan, listrik dan air bersih.

Perhatian Ir. Nova Iriansyah selaku Plt. Gubernur Aceh terlihat nyata, tahun ini ia membangun kapal fery ro-ro dengan kapasitas 600 GT untuk melayani penyeberangan dari Singkil ke Pulau Banyak. Kapal ini insya Allah akan beroperasi diawal tahun depan.

Semoga modal perhatian awal ini bisa semakin memantik perhatian pemerintah pusat sehingga turut urung perhatian kepada pengembangan kawasan pariwisata di Pulau Banyak.

Penulis adalah Sekretaris Departemen Politik dan Pemerintahan DPP Partai Demokrat

Komentar

Loading...