Unduh Aplikasi

Nonton Film Horor Bisa Bikin Darah Anda Membeku Loh!

Nonton Film Horor Bisa Bikin Darah Anda Membeku Loh!
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

APAKAH kamu salah satu orang yang suka nonton film horror? Semua film memang dimaksudkan untuk menghibur, termasuk film horor.

Banyak banget ekspresi seseorang ketika sedang menonton film horor. Ada yang menutupi mukanya, ada yang pura-pura berani padahal sebenarnya takut, ada yang dikit-dikit ngintip dan paling banyak teriak-teriak enggak jelas, padahal hantunya belum muncul.

Nah, menjelang perayaan halloween pasti banyak nih film horor yang keluar. Tapi, tahukah Anda jika film horor dapat memengaruhi kekentalan darah dalam tubuh loh. Ketakutan yang muncul karena nonton film horor dapat menyebabkan darah mengental, sebagaimana dilansir dari Readersdigest.

Menonton film horor memang indentik dengan jeritan. Menurut para peneliti di Belanda, ketakutan yang dihasilkan karena menonton film horor dapat menyebabkan darah mengental. Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal British The BMJ, peneliti melibatkan 24 relawan sehat, antara berusia 30 tahun atau lebih muda.

Sekira 14 dari relawan menonton film horor (Insidious), seminggu kemudian, film pendidikan (A Year in Champagne). Para relawan yang tersisa melakukan sebaliknya, menonton film pendidikan terlebih dahulu, kemudian film horor.

Para peneliti menemukan bahwa menonton Insidious menyebabkan adanya lonjakan protein dalam tubuh yang berperan untuk pembekuan darah. Sekira 57 persen relawan mengalami peningkatan, sementara hanya 14 persen peningkatan ketika menonton film pendidikan.

Menurut Dr. Thomas E. Eidson DO, spesialis penyakit vena di Arlington, Texas. Pembekuan darah adalah respon dari tubuh terhadap cedera dan dapat memperlambat atau menghentikan pendarahan. "Secara khusus, bekuan darah adalah kombinasi dari trombosit dalam darah dengan protein spesifik untuk mencegah pendarahan lebih lanjut," katanya.

“Tubuh kita melepaskan adrenalin (saat menonton film horor), pupil kita membesar dan pembuluh darah yang terdapat di ekstremitas akan menyempitkan aliran darah ke organ dan otot vital. Tubuh juga mempersiapkan diri untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam membentuk gumpalan, seperi kasus kehilangan darah atau cedera,” jelas Dr. Eidson.

Namun, penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan ini tidak menyebabkan pembentukan gumpalan darah yang serius. Jadi, Anda bisa sambil minum atau mengonsumsi popcorn ketika menonton untuk membuat tubuh lebih rileks.

Komentar

Loading...