Unduh Aplikasi

Nikah lagi, Wakil Ketua DPRK Singkil Dilaporkan ke BKD

Nikah lagi, Wakil Ketua DPRK Singkil Dilaporkan ke BKD

ACEH SINGKIL - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Singkil melaporkan Sunarso, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) setempat, Rabu (14/12).

Sunarso dinilai telah melanggar sumpah jabatan dan kode etik karena menikah lagi tanpa izin istri pertama.

Ketua YARA Perwakilan Aceh Singkil Irfan mengatakan, hal lain yang menjadi dasar aduan mereka adalah status jejaka Sunarso yang tertulis dalam akta nikah, padahal yang bersangkutan telah memiliki istri lain sebelum menikahi Mira Hariati (23) pada 5 Februari 2016, sebagaimana tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

"Tindakan Sunarso ini sudah melanggar ketentuan KUHP Pasal 266 Ayat 1,"katanya.

Namun kata dia, untuk dugaan pelanggaran pidananya Mira juga sudah menguasakan kepada YARA untuk membuat laporan polisi.

Selain itu Sunarso juga dinilai melanggar UU No.1 tahun 1974 Pasal 34 ayat 1 tentang Pernikahan karena tidak pernah memberikan haknya kepada Mira dan anak perempuan dari pernikahan mereka.

"Secara keseluruhan kami menganggap telah terjadi pelanggaran terhadap UU MD3 Pasal 147 Ayat 8," sebutnya saat memyampaikan pengaduan yang juga dihadiri Mira Hariati.

Laporan Yara atas dugaan pelanggaran sumpah jabatan dan kode etik Sunarso itu diterima Sekretaris Dewan (Sekwan) M.Hilal bersama Wakil Ketua DPRK Yulihardin, pihaknya berjanji akan segera meneruskan pengaduan tersebut kepada Badan Kehormatan Dewan.

"Kita terima, nanti kita sampaikan kepada MKD," ujar M Hilal.

Komentar

Loading...