Unduh Aplikasi

Nelayan Singkil Terima Premi Asuransi Kematian

Nelayan Singkil Terima Premi Asuransi Kematian

ACEH SINGKIL - Dua ahli waris nelayan Aceh Singkil terima premi asuransi kematian dari program asuransi nelayan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), asuransi tersebut berjumlah masing-masing sebesar Rp.160 juta.

Ahli waris yang menerima Asuransi itu yakni Safran Simbolon, putra dari almarhum Sofian Hadi, nelayan asal Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak dan Rudi Hartono, putra almarhum Sadri, nelayan asal Desa Pulau Sarok, Kecamatan Singkil. Kedua nelayan tersebut meninggal karena sakit.

Asuransi senilai masing-masing Rp.160 juta tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pelaksana Tuga (plt) Bupati Aceh Singkil Asmauddin, dalam acara penyerahan premi asuransi bagi 749 Nelayan di Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (20/12) di op room Kantor Bupati setempat.

"Saya turut berdukacita dan saya berharap dana asuransi ini dapat digunakan sebaik-baiknya, untuk modal usaha serta investasi pendidikan," kata Asmauddin.

Kasat Satpol PP dan WH Aceh itu juga meminta kepada kelompok kerja (Pokja) yang menangani asuransi itu untuk segera mencair dana asuransi kematian yang diterima dua keluarga nelayan tersebut sehingga dapat segera dipergunakan.

"Harus segera dicairkan uangnya, kalau hanya sekedar tulisan simbolis aja gak ada nilainya dan jangan ada agen," pinta Asmauddin.

Sebelumnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ismed Taufiq dalam laporanya menyebutkan, selain penyerahan asuransi dalam kesempatan juga diserahkan sertifikat atas hak tanah secara gratis untuk 39 nelayan.

"Serifikat ini diberikan kepada nelayan yang sudah memiliki kartu nelayan. Asuransi dan sertifikat tanah ini ada kuotanya, ini program nasional, kalau tidak dijemput bola maka tidak dapat kita" ujar Taufiq

Taufiq mengatakan hingga saat ini jumlah nelayan yang terdata di Dinas Kelautan Perikanan (DKP) sebanyak 8.133 orang, dari jumlah itu Aceh Singkil pada tahun 2016 mendapat kuaota 4.000 orang, namun baru 927 nelayan yang memiliki kartu dan 749 diantaranya telah memperoleh premi asuransi.

"Penyerahan premi asuransi bagi nelayan kecil ini di selenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan 26 November lalu di Makasar dan Aceh Singkil mendapat jatah 749 orang," terang Taufiq.

Komentar

Loading...