Unduh Aplikasi

Nelayan Keramba di Waduk Pusong akan Direlokasi

Nelayan Keramba di Waduk Pusong akan Direlokasi
Ilustrasi. Foto: 8villages.com

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui BLHK akan melakukan pembersihan Waduk di Gampong Pusong, Kecamatan Banda Sakti, daerah setempat dalam waktu dekat ini. Akibatnya, seratusan keramba milik nelayan terpaksa direlokasi.

“Ketika pembersihan dilakukan, keramba milik nelayan kemungkinan besar akan direlokasi, namun saat ini kita belum tau akan dipindahkan kemana, karena tergantung dari PUPR atau pejabat utama (Wali Kota Lhokseumawe),” kata Kepala Dinas BLHK Lhokseumawe, Dedi Irvansyah, Rabu (11/11).

Sambung Dedi, pihaknya juga akan kembali memfungsikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang selama ini tidak ada, sehingga air yang ada akan mengalir melalui saluran tersebut.

“Untuk pembersihan itu ranah PUPR, namun kita hanya menganjurkan dan hanya bisa melakukan koordinasi dengan kandungan airnya saja,” tutur Dedi.

Selain itu, sambung Dedi, banyak saluran induk di Kota Lhokseumawe yang saat ini tersumbat, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pembersihan sedimen tersebut dengan menggunakan mobil penyedot, jika tidak bisa atau mengeras, maka akan dibongkar kembali saluran tersebut.

“Rata-rata sampah yang tersangkut milik rumah tangga dan milik pedagang kaki lima. Karena kesadaran masyarakat untuk membuang sampah masih kurang, karena itu semua tergantung dari person masing-masing manusia,” ungkap Dedi.

Komentar

Loading...