Unduh Aplikasi

Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan di Meulaboh Melonjak Tinggi

Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan di Meulaboh Melonjak Tinggi
Ikan segar. Ilustrasi: seasourceimports

ACEH BARAT - Dalam satu bulan terakhir, harga ikan segar di pasaran di Meulaboh, Aceh Barat, melonjak. Kenaikan mencapai 150 persen. Cuaca buruk mengakibatkan nelayan enggan melaut yang berdampak pada minimnya pasokan ikan.

Maun (45), pedagang ikan di Pasar Meulaboh, mengatakan mereka tidak bisa berbuat banyak mengatasi kenaikan ini. “Saat ini ikan kami beli dari berbagai sumber. Ikan yang saya jual saat ini berasal dari Sawang, Aceh Selatan. Harga yang saya beli juga mahal. Berharap pasokan ikan dari Meulaboh, udah nggak ada lagi,” kata Maun kepada AJNN, Ahad (11/12).

Menurut Maun, kenaikan harga ini terjadi di semua jenis ikan. Tuna yang bisa dijual Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan ikan tongkol yang sebelumnya hanya dijual paling mahal 10 ribu hingga hingga 15 ribu per kilogram saat ini mencapai Rp 30 ribu per kilogram.

Sedangkan jenis ikan kakap yang biasanya dijual seharga Rp 60 ribu per kilogram, saat ini bahkan dijual Rp 80 ribu per kilogram.

Kelangkaan pasokan ikan ini menyebabkan sejumlah warga memilih berbelanja langsung di tempat pelelangan ikan di Meulaboh. Alih-alih menurunkan harga, hal ini malah menyebabkan harga ikan semakin melambung.

“Akibatnya, para pedagang pasar induk Meulaboh ikut membeli dengan harga tinggi. Mau tidak mau, kami harus mencari selisih agar mendapat sedikit untung,” kata Maun.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...