Unduh Aplikasi

Negeri Aneh

Negeri Aneh
Ilustrasi.
DALAM setiap kesempatan, para penguasa dan pejabat hukum dengan lugas berkata, “ini adalah negara hukum.” Biasanya, kalimat ini terucap saat si pejabat atau penguasa berhadapan dengan masalah hukum akan menjerat dirinya.

Lain lagi jika para penguasa dan pejabat di bidang hukum berada di atas angin. Tanpa tedeng aling-aling, mereka dengan mudah menggunakan kekuasaan jabatan tanpa memperhatikan hukum yang dibolak-balik. Tanpa memperhatikan hak-hak rakyat yang secara hukum harus dilindungi oleh negara. Padahal para pejabat negara itu adalah operatornya.

Di negara ini, hal-hal aneh kerap terjadi. Saking anehnya, hal-hal aneh ini menjadi sebuah kebiasaan dan dipandang sebagai kelaziman. Terjadi sebuah kecacatan; sebuah kesalahan dalam memberikan nilai.

Seorang vokalis band yang video pornonya tersebar ke seantero dunia--berterima kasih lah kepada internet--semakin ngetop dan dipuja-puja oleh anak-anak muda di negeri ini. Untuk menjadi seorang ustaz adalah urusan gampang. Cukup pakai narkoba, tobat dan masuk televisi dengan pakaian pesanan butik sponsor.

Seorang bekas narapidana dinyatakan berhak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017 oleh konstitusi negara. Dengan berbagai pertimbangan, yang sesuai dengan “logika hukum” tentunya, si kandidat melenggang ke arena pertempuran.

Berbagai alasan dikemukakan untuk membenarkan langkahnya, “dia telah menuntaskan masa hukuman....dia telah mempublikasikan dirinya sebagai bekas narapidana..bla...bla...bla...”

Sering kali orang-orang yang memiliki kapasitas dalam sebuah urusan diabaikan. Sementara orang-orang tanpa prestasi dan cenderung bermasalah malah mendapatkan tempat terhormat. Semua bisa diatur. Yang baik bisa terlihat bagus, demikian sebaliknya.

Ketidakmampuan melihat nilai ini adalah sebuah penyakit kronis yang lama kelamaan terus menggerogoti akal sehat sebagai manusia. Mari sama-sama berdoa, agar masyarakat kecil, yang semakin lama semakin terjepit, tidak kehilangan akal sehat. Tetap mampu berpikir jernih sehingga mampu memberikan nilai.

Komentar

Loading...