Unduh Aplikasi

INTERMESO

Negara Serasa Surga

Negara Serasa Surga
Ilustrasi: Fine Art America.

HIDUP di Indonesia benar-benar luar biasa. Tak ada satupun yang tidak enak. Bagi seorang perokok, misalnya, Indonesia adalah surga. Di mana sana, kapan saja, dapat dengan mudah menyalakan rokok, kelepas kelepus. 

Bandingkan dengan negara super ketat, Singapura. Sudah lah harga mahal, rokok yang dibeli dengan harga mahal tadi pun terpaksa dinikmati di tempat tertentu. Puntung rokoknya pun tak boleh dibuang sembarangan. Berbeda sekali dengan di Indonesia. 

Di negara ini, hidup pun tak terlalu memaksa. Seseorang bisa dengan mudah menyeberangi jalan raya. Seorang bisa berjualan dengan mudah di lokasi-lokasi yang mereka sukai. 

Saat pemerintah menyediakan lapak, dan lapak yang dibangun dengan harga miliaran tak cocok, para pedagang cukup dapat beramai-ramai kepada penguasa dan meminta kembali berjualan di tempat lama. Sang penguasa pun dengan senang hati mengizinkan.

Menjadi penguasa di negeri ini pun luar biasa enaknya. Tidak ada tanggung jawab besar karena rakyat di negara ini sangat pemurah. Janji-janji sebelum pemilihan tak perlu ditepati. Karena akan dengan senang hati memaafkan kelalaian para pemimpinnya. 

Bencana ekologi besar, terutama banjir, yang terjadi terus menerus juga bukan sebuah masalah. Karena rakyat di negara ini sangat memahami bahwa ini semua adalah cobaan. Allah tidak akan menjatuhkan sesuatu yang tidak mampu ditanggung oleh hamba. 

Pemahaman-pemahaman ini tentu tidak ada di negara lain. Saat berhadapan dengan pelayanan buruk, maka rakyat akan turun ke jalan-jalan. Mogok massal. Lihat di Prancis atau Yunani yang katanya negara paling demokratis. 

Kehidupan di negara ini sangat toleran. Para koruptor bisa leluasa memberikan derma dan tampil tanpa rasa malu. Kadar membenci negara ini tak sebanding dengan kadar mencintai. Bersukurlah kita lahir di negeri subur dan diberkahi ini; sepotong tanah dari surga.

Komentar

Loading...