Unduh Aplikasi

Nasir Djamil Dukung Pilkada Aceh Dilaksanakan 2022

Nasir Djamil Dukung Pilkada Aceh Dilaksanakan 2022
Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil mendukung jika pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Aceh digelar pada 2022 mendatang.

Namun, semua itu harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apalagi sebuah pesta demokrasi, sudah pasti adanya sarat kepentingan politik.

"Iya harapan kita begitu, kalau regulasi menyebutkan Pilkada di Aceh 2022. Sesuai peraturan perundang-undangan. Tapi harus kita ingat bahwa Pilkada ini sarat dengan muatan politiknya," kata Nasir Djamil kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (20/7).

Jika berbicara muatan politik, kata Nasir, maka ada pihak-pihak yang berkepentingan dengan Pilkada. Tetapi, semua itu ditentukan sesuai Undang-undang Pemilu yang tahun ini masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) di DPR RI.

"Ada 35 Prolegnas di DPR RI, satu diantaranya tentang rancangan undang-undang Pemilu," ujarnya.

Nasir menyampaikan, peraturan pelaksanaan Pilkada itu nantinya juga berkaitan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilu serentak, baik itu pemilihan legislatif, presiden hingga Pilkada serentak di Indonesia.

"Karena itu memang menjadi pembicaraan terkait dengan nasib Pilkada di Aceh, apakah tetap di 2022 atau nanti diserentakkan dengan Pilpres atau Pileg," ucapnya.

Menurut saya memang, kita harus merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kalau UU mengatur lima tahun sekali, saya pikir pemerintah harus mengikuti itu," sambung Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Meski demikian, Nasir menegaskan, permasalahan ini belum ada pembahasannya. Tetapi bagaimanapun, dari satu sisi masyarakat Aceh menginginkan Pilkada digelar pada 2022.

"Tetapi dalam Pemilu, baik secara nasional maupun lokal, pemerintah pusat juga punya kepentingan beririsan dengan regulasi nasional," tutur Nasir

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...