Unduh Aplikasi

Nasi Tujuh Benua, Kuliner Wajib Singgah

Nasi Tujuh Benua, Kuliner Wajib Singgah
Nasi Tujuh Benua. Foto: Kok Thong Yew
MEDAN - Tujuh tumpukan kecil nasi itu dihidangkan sekaligus di atas piring putih bersih. Tujuh warna mewakili tujuh rasa yang menjadi ciri khas kuliner yang berasal dari negeri seberang, Malaysia.

Bagi para penikmat kuliner, tak perlu berjalan jauh hingga ke Malaysia untuk menikmati hidangan menggugah selera ini, terutama bagi masyarakat Aceh yang terkenal dekat dengan budaya Malaysia. Nasi tujuh warna ini adalah menu utama di Restoran Tujuh Benua di Medan, Sumatera Utara.

“Hanya ada dua restoran Tujuh Benua. Satu di Malaysia dan satu lagi di Medan,” kata Yusfiansyah, pemilik restoran ini kepada AJNN, Jumat (7/10).

Pak Haji--demikian Yusfiansah kerap disapa--tak ragu untuk membawa Nasi Tujuh Benua ke Medan. Menurutnya, hidangan ini benar-benar sesuai dengan lidah orang Sumatera yang menyukai rempah-rempah. 

Para penikmat kuliner akan segera disajikan tujuh jenis nasi. Nasi putih, nasi minyak, nasi lemak pandan, nasi caca, nasi hujan panas, nasi kacang merah dan nasi tomato. Sedangkan lauknya; kari ikan, ayam negro dan ayam rose. Sesuai namanya, ayam ini berwarna hitam dan merah. Dua menu ini merupakan sajian khas di sejumlah restoran di Malaysia.

Untuk menu pelengkap, bagi mereka yang menyukai pedas, Tujuh Benua menyediakan sambal belacan. Ada juga tumis kol dan urap. Untuk menjaga rasa hidangan nikmat, Pak Haji memastikan seluruh hidangan, terutama ikan, ayam dan sayuran, adalah bahan-bahan yang segar dan baru.

Menurut Pak Haji, kesegaran bahan-bahan ini membuat makan di Nasi Tujuh Benua bukan hanya urusan kenikmatan, tapi juga
kesehatan. Tak heran, walaupun terbilang baru, Nasi Tujuh Benua memiliki banyak pelanggan tetap. Lokasinya juga mudah dijangkau.

“Biasanya para pelanggan datang bersama keluarga. Atau teman-teman. Banyak juga yang datang untuk menggelar arisan di sini,” kata Pak Haji.

Restoran ini berada persis di sebelah Ring Road City Walk, di Jalan Gagak Hitam, Medan. Tak jauh dari poll bis antarprovinsi seperti Kurnia, Putra Pelangi dan Sanura. Jadi, bagi para penikmat kuliner di Aceh, sepertinya hidangan khas di Nasi Tujuh Benua terlalu sulit untuk dilewatkan.
Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...