Unduh Aplikasi

NasDem Umumkan Para Kandidat Sebulan Sebelum Penutupan Pendaftaran

NasDem Umumkan Para Kandidat Sebulan Sebelum Penutupan Pendaftaran
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kemeja putih). Foto: Hendra KA
BANDA ACEH – Partai Nasdem belum akan mengumumkan kandidat yang akan mereka usung pada semua tingkatan Pemilihan Kepala Daerah 2017 dalam waktu dekat. Surya mengatakan masih memantau sejumlah kandidat dan menyeleksi mereka lewat survei.

“Akan diumumkan rata-rata satu bulan sebelum penutupan pendaftaran di KPU. Ini akan diumumkan oleh pengurus Nasdem Aceh,” kata Surya Paloh usai membuka Musyawarah Wilayah Partai Nasdem di Banda Aceh, Sabtu (12/3).

Mereka yang dipilih, kata Surya, merupakan kandidat yang masuk radar pertama partai. Mereka juga harus melewati sejumlah survei di daerah masing-masing. Partai Nasdem berharap dapat mencalonkan sosok yang paling diharapkan masyarakat.

Surya Paloh juga tidak mengharuskan kandidat menyerahkan “mahar” untuk bisa maju atas dukungan Nasdem. Nasdem, katanya, memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin membangun dan memperbaiki daerah.

Menjadi pemimpin di negeri ini, kata dia, harus sesuai konstitusi dan tidak membebani calon dengan sejumlah uang “pelicin”. Dengan demikian, Nasdem tidak membatasi hak konstitusional warga negara, sepanjang hak itu masih melekat di diri kandidat.

“Untuk itu, Nasdem akan membentuk tim khusus yang bertugas mengawal proses penjaringan kandidat kepala daerah di Aceh,” kata Surya.

Dalam kesempatan itu, Surya juga mengungkapkan partai politik belum dinilai baik oleh masyarakat. Dalam survei partai tersebut, banyak masyarakat yang menganggap partai politik gagal dalam berkomunikasi dengan masyarakat

Untuk itu, Surya terus mendorong pelaksanaan pendidikan politik. Dan menjaring calon tanpa mahar, kata dia, adalah salah satu pendidikan politik bagi rakyat.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...