Unduh Aplikasi

NasDem tempatkan saksi di semua TPS

Fauzan Febriansyah, Ketua Bappilu Nasdem Banda Aceh

BANDA ACEH – Jelang dua pekan hari pencoblosan, Partai NasDem Banda Aceh telah menyiapkan 436 saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 90 koordinator saksi tingkat desa. Intinya Partai NasDem Banda Aceh akan menempatkan saksi diseluruh TPS yang ada di kota Banda Aceh.

Hal itu disampaikan M. Fauzan Febriansyah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) 2014 Partai NasDem Banda Aceh kepada AJNN, Jumat (29/3). Kata Fauzan  partai NasDem Banda Aceh juga telah menugaskan 1 orang saksi di 9 kecamatan di Banda Aceh yang akan bertugas pada tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan 1 orang saksi untuk tingkat Kota Banda Aceh yang bertugas di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh pada tingkat rekapitulasi suara akhir.

"Penempatan saksi Partai NasDem di seluruh TPS bukan hanya untuk mencegah potensi manipulasi suara. Tapi juga bertujuan agar lembaga DPR yang selama ini dipersepsikan sebagai lembaga terkorup dapat kita perbaiki,"kata Fauzan.

Partai NasDem menilai, tugas saksi TPS kalau hanya sekedar catat-mencatat perolehan suara itu mudah. Namun harus diingat bahwa sumber masalah dari korupnya institusi DPR karena caleg yang masuk ke DPR dengan cara-cara yang tidak benar.

"Kalau proses masuk ke DPR saja dengan cara-cara curang, maka kerja anggota DPR setelah menjabat juga korup dan manipulatif," tambahnya.

Kata dia, saksi TPS Partai NasDem juga dilatih untuk peka, aktif, dan kritis dalam melihat dan menilai setiap potensi kecurangan.

Beberapa hal yang menjadi perhatian khusus saksi TPS Partai NasDem jelas Fauzan adalah praktek money politik pada hari pencoblosan, jual beli surat undangan memilih, manipulasi jumlah surat suara sah, upaya pengrusakan surat suara sah, penukaran kotak suara, beberapa kecurangan teknis lain serta antisipasi terhadap intimidasi dan teror kepada pemilih yang kerap terjadi di Aceh.

Selain itu untuk menunjang kerja saksi TPS di hari pemungutan suara, saksi TPS NasDem dibekali buku saku saksi dan beberapa perangkat teknologi.

"Buku saku saksi NasDem kita siapkan sebagai panduan teknis pengawasan dan penghitungan pada hari pemungutan suara," tambahnya.

ZULIA JM

Komentar

Loading...