Unduh Aplikasi

Napza Jadi Ancaman Besar bagi Manusia

Napza Jadi Ancaman Besar bagi Manusia

ACEH BARAT - Pengaruh penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang di kalangan remaja semakin berisiko tinggi, mengingat peredaran narkoba terus menyasar semua kalangan bahkan hingga tingkat anak- anak. Untuk itu Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Narkotika (DPD IKAN) Aceh Barat menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat dan SOS Children's Viliges Meulaboh, melakukan sosialisasi bahaya narkotika, psikotropica, dan zat adiktif (Napza) kepada pelajar SMP Negeri 6 Meureubo, Jumat (11/11).

Kepala Bidang Program Dinas Kesehatan Aceh Barat Kartini, mengatakan napza merupakan ancaman besar bagi manusia, maka para remaja selaku generasi muda untuk tidak pernah mengenal barang haram itu.

"Narkoba itu jika salah digunakan akan sangat berbahaya, padahal jika secara medis ini bisa membantu untuk obat bius, tapi penyalahgunaannya telah merusak kita dan membawa penyakit," kata Kartini.

Kartini mengatakan jenis penyakit yang dialami akibat penyelahgunaan napza selain merusak kejiwaan, juga berdampak pada penyakit menular berbahaya seperti spilis, dan HIV/AIDS yang berujung pada kematian.

“Saya harap kepada pelajar SMP Negeri 6 Meureubo selaku the agent of change (agen perubahan) agar tidak terlibat dengan barang haram tersebut, jika ini tidak dapat dilakukan, maka negara ini akan hancur karena masa depan negara ada ditangan para generasi muda,” harapnya.

Sementara Itu Ketua DPD IKAN Aceh Barat Kamaruddin, menyampaikan pesan kepada para pelajar untuk terus belajar dan mampu membentengi diri dari narkoba dengan terus memperkuat diri melalui pendidikan terutama memperdalam ilmu agama.

"Kalau narkoba sudah mempengaruhi adek-adek, maka yang akan dialami kerugiannya bukan oleh adek-adek saja namun keluarga dan negara," kata dia.

Kamaruddin menambahkan, saat ini bencana narkoba yang melanda Aceh Barat sudah sangat mengerikan, bahkan lebih ngeri dari bencana tsunami yang pernah melanda Aceh 26 Desember 2004 lalu.

"Saya harap kepada pelajar SMP Negeri 6 Meureubo itu bisa menjadi pelopor bagi remaja lainnya dalam memerangi narkoba."

Komentar

Loading...