Unduh Aplikasi

Nama Calon Kabupaten Baru Aceh Utara Akan Diserahkan ke Bupati

Nama Calon Kabupaten Baru Aceh Utara Akan Diserahkan ke Bupati
DOB2
ACEH UTARA - Panitia pemekaran wilayah barat Aceh Utara akhirnya menyepakati tiga calon nama untuk bakal kabupaten baru yang akan diserahkan kepada Bupati.

Tiga nama tersebut yaitu Aceh Malaka, Aceh Antara dan Aceh Utrajaya.

“Nanti selepas Bapak Bupati Muhammad Thaib pulang ibadah haji, kami serahkan kepadanya. Beliau akan memilih satu dari tiga nama hasil masukan tokoh masyarakat,” ujar Wakil Sekretaris Panitia Pemekaran Kabupaten Aceh Utara Wilayah Barat, Muslim, ST., Jum’at (09/10).

Menurutnya, pengambilan tiga nama itu diambil setelah melewati musyawarah dan voting bersama tokoh gampong, para geuchik, mukim dan tokoh pemuda dari enam kecamatan yang difasilitasi oleh panitia di Balai Desa Kecamatan Dewantara, Kamis (08/10) kemarin.

Tiga nama ini dipilih dari total lima calon nama yang diusulkan sebelumnya, yaitu Aceh Malaka, Aceh Antara, Aceh Utrajaya, Aceh Kutaraya dan Aceh Dewantara.

Nama-nama tersebut dijaring berdasarkan voting, antara lain, Aceh Malaka mendapatkan 83 suara, Aceh Antara 54 suara, Aceh Utarajaya 42 suara, Aceh Kutaraya 34 suara, dan Aceh Dewantara 31 suara. Mekanisme pemilihan, tiap peserta rapat memilih maksimal tiga nama dari lima nama tersedia.

Muslim juga mengatakan, kelima calon nama yang diusulkan itu masing-masing memiliki latar belakang sejarah yang kuat.

Sementara itu, Muslim juga mengatakan, pertengah November mendatang panitia bersama masyarakat dari enam kecamatan akan mendeklarasi pemekaran tersebut sebagaimana kemauan masyarakat di hadapan kepala daerah.

Lokasi deklarasi direncanakan di alun-alun depan Masjid Bujang Salim, Kota Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara.

| EFENDY NOERDIN

Komentar

Loading...