Unduh Aplikasi

Muslim Moro belajar perdamaian ke Aceh

Muslim Moro belajar perdamaian ke Aceh
Muslim moro
BANDA ACEH- Pewakilan muslim Moro, Filipina melakukan kunjungan ke Dewan Perwakian Rakyat (DPR) Aceh dalam rangka melihat perkembangan perdamaian Aceh pasca MoU Helsinki dengan pemerintah pusat, Rabu (10/12) Banda Aceh.

Para Rombongan dipimpin Bato Mohammad Zainoddin yang disambut Wakil Ketua DPR Aceh, Sulaiman Abda di ruangan serbaguna kantor DPR Aceh sekitar pukul 10,00 pagi tadi.

Kunjungannya tersebut dalam rangka menjalin kerjasama serta mempelajari proses perdamaian di Aceh pasca penandatanganan perjanjian MoU Helsinki pada tahun 2006 lalu, khusnya tentang pemerintahan, politik pembangunan dan ekonomi.

“Pengalaman ini akan jadikan masukan yang berarti yang akan kami bawa ke Filipina, sebagai bagian untuk perubahan bagi Moro pasca erdamaian dengan pemerintah Filipina” ujar Bato Muhammad.

Dalam pertemuan tersebut Bato Mohammad Zainuddin, juga mengharapkan kedua belah pihak nantinya dapat meningkatkan kerjasama serta saling berbagi pengalaman baik tentang sistem politik maupun Syariat Islam di dua kawasan.

"Khususnya terkait partai politik, karena bangsa Moro juga mengalami nasib yang sama dengan Aceh yang mempunyai partai politik lokal serta otonomi khusus," ujar Bato Mohammad Zainodden.

THK

Komentar

Loading...