Unduh Aplikasi

Musim Kemarau, Petani Jagung Aceh Tenggara Terancam Gagal Panen

Musim Kemarau, Petani Jagung Aceh Tenggara Terancam Gagal Panen
Kondisi tanaman jagung di Agara. Foto: AJNN/Japar

ACEH TENGGARA - Ratusan hektar tanaman jagung di sejumlah kecamatan dalam kabupaten Aceh Tenggara terancam gagal panen akibat kemarau panjang melanda kawasan tersebut.

Kandar (43 Tahun) warga Lawe Setul, Kecamatan Darul Hasanah Aceh Tenggara mengatakan, tanaman jagung miliknya kekurangan air. Banyak yang mati dan tidak berbuah, ada juga yang masih tumbuh tapi pertumbuhannya lambat, batangnya kerdil (pendek) dan daunnya ringut (keriput).
 
Ia juga mengatakan, bahwa peristiwa gagal panen sering terjadi di daerahnya, karena daerah lahan jagung milik mereka terletak di daerah pergunungan, sehinga sulit disiram.

“Dampak kekeringan ini bukan kami saja yang merugi, tapi akan berpengaruh juga bagi tanaman pangan yang menjadi tumpuan masyarakat lainnya," katanya.

Hal senada juga dikatakan Lina (32 tahun), petani jagung asal Desa Terutung Pedi Kecamatan Babussalam. Kata dia, lahan pertanian  miliknya telah ditanami jagung sekira 1,5  bulan yang lalu dengan harapan hasilnya memuaskan. Namun perkiraannya meleset.

“Saat ini tanaman jagung mulai kuning dan kering, bahkan batangnya kerdil dan banyak yang mati,”katanya.

Meski Lina telah beberapa kali berupaya menyiram tanaman jagung miliknya menggunakan pompa, namun pertumbuhan tanamanya tetap saja tidak maksimal.

JAPAR

HUT Pijay

Komentar

Loading...