Unduh Aplikasi

Musim Hujan, Hama Keong Serang Tanaman Padi di Abdya

Musim Hujan, Hama Keong Serang Tanaman Padi di Abdya

ACEH BARAT DAYA - Ratusan hektar tanaman padi milik petani di Gampong Tokoh II Kecamatan, Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diserang hama keong. Akibatnya, para petani di kewalahan.

"Rata-rata tanaman padi milik petani di sini diserang serangan hama keong," kata salah seorang warga Tokoh II Sudirman, kepada AJNN Selasa (22/11)

Menurutnya, hama keong yang menyerang tanaman padi milik petani sangat susah dikendalaikan karena jumlahnya begitu banyak.

"Kalau kita kumpulkan satu petak saja, hama keong mencapai satu karung sehingga serangannya begitu cepat dan sangat sulit dikendalikan," keluh Sudirman.

Hal itu kata Sudirman, diperparah dengan kondisi hujan yang menguyur wilayah Abdya, sehingga hama keong dengan mudah menyerang tanaman padi milik petani.

Senada dengan itu, Sarbawi mengaku sudah berupaya membasmi hama keong tersebut dengan obat atau racun semprot. Sanyangnya, pekembangbiakan hama keong justru meningkat.

“Kami sangat kewalahan. Dalam sehari, kami dua kali memunguti keong yang menyerang tanaman padi. Tapi hasilnya tetap saja nihil, tanaman padi kami tetap rusak,”ujarnya.

Bahkan lanjutnya, para petani setempat terpaksa harus melakukan tanam ulang."Tanaman padi yang telah rusak diserang hama keong terpaksa kami ganti lagi," imbuh Sarbawi.

Ia bersama petani lainnya, berharap agar adanya bantuan pemerintah untuk mengantisipasi dan membasmi hama tersebut.

"Kami berharap agar pemerintah dan dinas terkait untuk memberi solusi agar hama keong tidak lagi menyerang tanaman padi milik petani, apalagi saat ini Abdya sedang dilanda hujan tentu hama keong terus beranak pinak,"demikan pintanya

Komentar

Loading...