Unduh Aplikasi

Munawar Liza Zainal: Waktu Pembahasan Raqan Otsus Tidak Tepat

Munawar Liza Zainal: Waktu Pembahasan Raqan Otsus Tidak Tepat
Munawar Liza Zainal. Foto: facebook.com

BANDA ACEH – Bekas Wali Kota Sabang Munawarliza Zainal mempertanyakan hasrat di balik usulan pengelolaan dana otonomi khusus oleh Pemerintah Aceh saat ini. Menurut dia, hal ini perlu dimusyawarahkan dengan melibatkan lebih banyak pihak.

“Kalau dibahas sekarang, timing-nya salah. Menurut saya terlalu mengejar. Apalagi gubernurnya tidak definitif. Nanti begitu naik gubernur definitif, berubah lagi,” kata Munawarliza, Kamis (24/11).

Adalah pelaksana tugas Gubernur Aceh Soedarmo dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh berencana mencabut kewenangan pengelolaan dana otonomi khusus di tingkat kabupaten/kota dan dikelola sepenuhnya oleh pemerintah provinsi.

Dalam rancangan qanun usulan pelaksana tugas tersebut, pemerintah daerah hanya berwenang untuk mengusulkan program. Munawarliza menekankan pentingnya pengelolaan dana ini secara transparan, tepat sasaran dan bebas korupsi. “Itu yang penting,” kata Munawarliza.

Dia juga menekankan pentingnya pengelolaan dana ini secara efektif. Karena itu, penting mengevaluasi efektivitas penggunaannya. Jika dari evaluasi itu dinyatakan pemerintah kabupaten/kota lebih efektif, maka itu harus diikuti. Demikian juga sebaliknya.

“Mau provinsi atau pun dibagi ke kabupaten dan kota, itu bukan menjadi persoalan besar. Tetapi yang terpenting dipergunakan untuk keperluan yang betul,” kata Munawarliza.

Menurut dia, selama ini pemanfaatan dana otsus lemah dalam sisi perencanaan dan pengawasan. Program yang ada dibuat tanpa perencanaan yang matang dan tidak diawasi secara sistematis. Karena itu, penting untuk membangun pemerintahan yang bersih dan baik. Dengan demikian akan terbangun sistem yang baik.

Komentar

Loading...