Unduh Aplikasi

Mukhlis Mukhtar: Pilkada Aceh 2022 Merupakan Perintah Undang - Undang  

Mukhlis Mukhtar: Pilkada Aceh 2022 Merupakan Perintah Undang - Undang  
Mukhlis Mukhtar. Foto: IST

BANDA ACEH - Pengacara Kondang Aceh, Mukhlis Mukhtar mengatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada 2022 mendatang merupakan perintah undang-undang yang harus dijalankan oleh Pemerintah Aceh.

"Pilkada Aceh pada 2022 itu perintah undang-undang, jadi Pemerintah Aceh harus melaksanakannya, karena gubernur dan DPRA disumpah untuk menjalankan undang-undang," kata Mukhlis Mukhtar, saat dihubungi AJNN, Sabtu (12/12).

Mukhlis Mukhtar menilai, terkait surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu hanya himbauan saja terhadap Pemerintah Aceh, sebab Aceh memiliki undang-undang sendiri yaitu UUPA.

"Pemerintah Aceh harus melaksanakan Pilkada di 2022 sesuai UUPA, surat dari Kemendagri hanya himbauan, jadi siapa kuat himbauan dengan undang-undang," ungkapnya.

Sebelumnya, kata Mukhlis Mukhtar, pihaknya dan DPRA pernah mengajukan Judicial Review (JR) terhadap Undang-Undang Pemilu, bahkan dalam putusan sengketa tersebut jelas disebutkan bahwa Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) nomor 11 tahun 2006 merupakan turunan dari Undang-Undang 1945.

"Jadi segala sesuatu berhubungan dengan Aceh berlaku UUPA, berarti konsekuensi hari ini pemilunya harus dilaksanakan pada 2022 kalau memang Jakarta konsisten dengan Aceh," tuturnya.

Komentar

Loading...