Unduh Aplikasi

Mukhlis, Adik Bupati Bireuen Yang Buka Rekening Penampung Suap Irwandi Yusuf

Mukhlis, Adik Bupati Bireuen Yang Buka Rekening Penampung Suap Irwandi Yusuf
Mukhlis, adik Bupati Bireun Saifanur. Foto: Lintasgayo.co

BANDA ACEH - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya fakta baru yang terungkap saat tahap penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Fakta baru itu terungkap atas pemeriksaan saksi Mukhlis yang telah dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada Kamis (16/8).

Dalam jawaban KPK atas praperadilan Irwandi, disebutkan bahwa Irwandi meminta Mukhlis agar membukakan rekening pada Bank Mandiri KCP Bireuen untuk keperluan dana tampungan Irwandi Yusuf. Disebutkan bahwa kartu ATM, PIN ATM, password internet banking berada dalam penguasaan Irwandi Yusuf.

Pengumuman Pemenang LPSE Tahun 2018

Rekening tampungan untuk Irwandi Yusuf itu dibuka sekitar awal November 2017, dimana Irwandi menghubungi Mukhlis melalui telepon genggam di nomor 0812-6555-3032 untuk meminta bantuan berupa pinjaman uang. Irwandi juga meminta agar Mukhlis membukakan rekening bank untuk dirinya agar apabila Irwandi membutuhkan uang dapat langsung menarik uangnya.

Baca: Mukhlis Buka Rekening Tampungan Suap Irwandi

Berdasarkan sumber yang terpercaya, Mukhlis yang dimaksud dalam jawaban praperadilan tersangka Irwandi Yusuf adalah H. Mukhlis A.Md yang merupakan pemilik PT Takabeya Perkasa Group yang beralamat di Jalan Medan-Banda Aceh Km.217 Gampoeng Bireuen Meunasa Blang Kabupaten Bireuen. Mukhlis juga merupakan adik dari Saifannur yang merupakan Bupati Bireuen Periode 2017-2022, dan juga adik dari Plt Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Amiruddin. 

Dari penelusuran melalui laman LPSE Aceh, PT Takabeya Perkasa Group pada tahun 2018 sedikitnya mengerjakan dua paket pekerjaan konstruksi dari Pemerintah Aceh.

Pengumuman Pemenang LPSE Tahun 2018

Paket itu merupakan kegiatan pada Dinas Pengairan Aceh berupa Pembangunan Jaringan Irigasi D.I. Mon Seuke Pulot Kabupaten Bireuen yang bersumber dari Dana Otsus Aceh dengan nilai kontrak sebesar Rp 18,2 miliar dari pagu Rp 24,5 miliar.

Selain pembangunan jaringan irigasi Mon Seuke Pulot, PT Takabeya juga menang tender paket Peningkatan Saluran Pembuangan Bireuen-Kuala Raja Kecamatan Kuala yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) APBA Tahun 2018 pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Aceh dengan nilai kontrak Rp 4,2 miliar dari pagu Rp 4,8 miliar.

Hingga berita ini diunggah, AJNN belum mendapatkan konfirmasi dari Mukhlis, nomor telepon yang dihubungi tidak aktif, sementara pesan singkat yang dikirim juga tidak dibalas.

Komentar

Loading...