Unduh Aplikasi

Muhammad Ikhsan Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Dekopinwil Aceh

Muhammad Ikhsan Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Dekopinwil Aceh

BANDA ACEH - Muhammad Ikhsan, terpilih secara Aklamsi menjadi Ketua Definitif Dewan Koperasi Indonesia Wilayah atau Dekopinwil ACEH Periode 2020 – 2025, yang berlangsung di Oasis Hotel, Senin (19/10/2020). 

Kegiatan itu dibuka oleh Plt Gubernur Aceh diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, Darmansyah, dan turut hadir juga Sekretaris Jenderal Dekopin Pusat, Sarjono Amsan.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur mendorong koperasi agar dapat bersaing dengan Lembaga swasta yg mulai banyak bergerak untuk sector usaha kecil dan harus siap berhadapan dengan perubahan sosial dimasyarakat. Dan paling penting adalah semangat kebersamaan yg menjadi ciri utama koperasi.

Musyawarah Dekopinwil Aceh digelar dengan pertemuan tatap muka langsung. Dan dari hasil penjaringan bakal calon, hanya nama Muhammad Ikhsan yang diusulkan oleh 21 Dekopinda Kab/kota dan enam Pusat Koperasi, sehingga saat penetapan calon ketua hanya satu nama dan langsung aklamasi.

Sekretaris Jenderal Dekopin Pusat, Sarjono Amsan mengatakan, bahwa yang menjadi landasan Muswil Dekopinwil Aceh mengacu pada anggaran dasar yang sama dengan Dekopin Pusat. Anggaran dasar yang sah dan berlaku saat ini adalah AD Dekopin yang disahkan Keppres Nomor 6/2011. 

Ketentuan itu, diperkuat dalam Pasal 59 Undang-Undang Nomor 25/1992 tentang Perkoperasian, yang salah satunya menyatakan ketua terpilih harus disahkan pemerintah. 

Dan terpenting, Dekopin ini harus berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya. Maka, hasil Musyawarah Wilayah Dekopinwil Aceh harus tunduk pada anggaran dasar yang sah. 

“Sepanjang belum ada anggaran dasar yang baru dan disahkan pemerintah atau pemerintah belum mencabut yang sah, maka anggaran dasar melalui Keppres No 06/2011 tetap berlaku, atau di bawah pimpinan Sri Untari Bisowarno," ujarnya.

Muswil ini dilaksanakan di tanggal 19-20 Oktober 2020 di Oasis Hotel, Banda Aceh dan undangan yang hadir dalam Muswil ini dibatasi agar bisa efektif menerapkan standar protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Komentar

Loading...