Unduh Aplikasi

Mualem Memainkan Politik Risiko Tinggi

Mualem Memainkan Politik Risiko Tinggi
ilustrasi
DALAM perjalanan ibadah haji, pemerintah mengategorikan jamaah calon haji--disebut calon karena belum menunaikan rukun haji--dalam sejumlah golongan kesehatan. Salah satunya adalah dengan sebutan risiko tinggi, biasa disingkat risti.

Kategorinya macam-macam. Biasanya adalah jamaah haji yang berusia lanjut. Mereka yang didiagnosa mengalami sakit juga dikategorikan dalam kelompok ini. Selama pelaksanaan haji, sejak berada di embarkasi, di Tanah Suci, hingga kembali ke Tanah Air, mereka mendapatkan perlakuan khusus.

Dalam politik, Muzakir Manaf juga tengah melakukan politik risti alias politik berisiko tinggi. Sebagai calon Gubernur Aceh yang bakal berlaga di Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017, Mualem--sapaan Muzakir Manaf--melakukan politik risiko tinggi saat saat dirinya menunjuk Ketua Partai Gerindra Aceh TA Khalid sebagai calon wakilnya.

Jika melihat potensi lawan-lawannya dalam pilkada nanti, Mualem memerlukan sosok yang benar-benar mampu mendampinginya, tidak hanya dalam menjalankan pemerintahan kelak, namun juga mengarungi pertarungan awal yang akan menentukan langkahnya sebagai gubernur.

Sebagai partai kader, dalam beberapa tahun terakhir, suara dukungan untuk Partai Aceh terus tergerus. Di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, misalnya, Partai Aceh tak lagi dominan. Tidak seperti hasil pemilihan umum sebelumnya, saat partai ini keluar sebagai mayoritas tunggal.

Dari sisi keterwakilan daerah, memilih Khalid jelas tak menguntungkan. Mualem dan Khalid sama-sama berasal dari Aceh Utara. Alangkah lebih “cantik” bila Mualem menggandeng calon dari Aceh Timur atau Pidie, yang juga memiliki jumlah suara yang besar. Atau kader partai dari kawasan Barat-Selatan Aceh.

Karena memilih berdasarkan kedekatan saat pemilihan umum lalu tidaklah cukup. Apalagi, sejumlah pengurus Partai Aceh di daerah menyatakan penolakan terhadap Khalid. Dengan rekam jejak Khalid yang tak terlalu cemerlang, Partai Aceh dan tim-tim pemenangan Mualem perlu bekerja keras menaikkan elektabilitas. Yang pasti, Mualem tentu berhitung untung dan rugi memilih Khalid.

Ini juga menjadi penanda bahwa sosok berewokan ini adalah pria yang memegang teguh pertemanan, seperti yang Partai Aceh dan Partai Gerinda lakukan bersamaan saat pemilu lalu. Politik risiko tinggi ini mungkin bukan kartu truf Mualem untuk memenangkan pertarungan ini. Namun jelas ini menjadi jalan bagi Mualem untuk menunaikan janji kepada seorang teman.
Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...