Unduh Aplikasi

MTsN 3 Aceh Barat Terapkan Ujian Semester Berbasis Android

MTsN 3 Aceh Barat Terapkan Ujian Semester Berbasis Android
Siswa saat menunjukan aplikasi ujian smester lewat google form, dalam simulasi ujian berbasis telepon pintar.

ACEH BARAT - Akan ada yang berbeda pada ujian semester ini bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat. Jika selama ini para siswa tersebut melaksanakan ujian dengan cara manual dengan menjawab soal di atas kertas, kali ini mereka akan mengikuti ujian berbasis smartphone.

Ujian berbasis pemanfaatan android ini, digadang-gadang akan menghemat penggunaan biaya pengadaan kertas ujian dan juga mengenalkan teknologi informasi bagi para siswa sekolah itu.

Kepala MTsN 3 Aceh Barat, Almunawar Khalil mengatakan dengan ujian berbasis smartphone itu nantinya para siswa juga tidak direpotkan lagi harus membawa alat tulis, namun cukup membawa smartphone saja.

"Bagi siswa yang tidak memiliki smartphone akan difasilitasi oleh sekolah, dengan dipinjamkannya milik guru atau staf di sekolah," kata Almunawar Khalil, Selasa, (30/4).

Tidak hanya memberikan pinjam pakai smartphone bagi siswa yang tidak miliki smartphone, namun sekolah yang sebelumnya dikenal MTsN Model Bangsa itu juga menyediakan wifi gratis bagi siswa.

Sedangkan untuk soal-soal ujian, kata dia, para siswa tinggal membuka aplikasi google drive dan google form yang telah disediakan oleh Google LLC. Didalam aplikasi tersebut, kata dia, telah tersedia soal yang diinput oleh dewan guru.

"Nanti para siswa saat masuk ke aplikasi yang telah kita sediakan user id. Jadi begitu dimasukkan user id soal langsung tampil," ungkapnya.

Meski ujian ini berbasis digital yang langsung terkoneksi internet, namun tidak ada celah bagi siswa untuk menyontek jawaban lewat telepon pintar mereka. Lantaran kata Munawar saat mereka menutup aplikasi tersebut dan membuka aplikasi lain maka jawaban akan terhapus dan para siswa harus mengulang kembali.

Dengan metode tersebut, tentunya akan merepotkan siswa yang hendak menyontek jawaban melalui mesin pencari dari telepon pintar mereka.

Tidak hanya itu, kata dia, lewat ujian berbasis digital ini nantinya para guru juga tidak lagi direpotkan harus menghitung jumlah nilai siswa lantaran langsung tampil di lembar jawaban dan terjumlah dengan sendirinya.

"Siswa juga akan mengetahui langsung nilainya pada hari itu juga, setelah mereka menjawab soal tersebut," ujarnya.

Soal yang akan didapatkan siswa dalam aplikasi nantinya, kata dia, tidak sama atau dilakukan dengan sistem acak sehingga antar siswa tidak mengetahui soal yang mereka kerjakan.

Sebelum ujian berbasis android dilakukan dalam waktu dekat ini, para siswa juga telah mengikuti simulasi, yang dilaksanakan hari ini.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...