Unduh Aplikasi

MTR 2019, Dinas Pertanian Pidie Jaya Minta Kelompok Tani Tebus Pupuk

MTR 2019, Dinas Pertanian Pidie Jaya Minta Kelompok Tani Tebus Pupuk
Tractor mulai mengolah tanah untuk tanam musim rendengan. Foto: Muksal/AJNN

PIDIE JAYA - Mengatasi kelangkaan pupuk pada Musim Tanam Rendengan (MTR) tahun 2019 di Kabupaten Pidie Jaya, Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten setempat meminta kelompok tani untuk menebus pupuk di toko yang telah ditetapkan.

"Biar pupuk tersedia untuk petani, kelompok petani di setiap gampong saya harap dapat menebus pupuk di toko yang telah ditentukan, supaya di saat petani ingin membeli pupuk, sudah tersedia pada kelompok tani masing-masing gampong," kata Kadis Pertanian dan Pangan Pidie Jaya, Muzakkir kepada AJNN, Senin (7/10).

Hal itu dikatakannya, karena ia  khawatir di saat petani membeli pupuk di toko, tetapi pupuknya sudah tidak tersedia, sehingga berefek besar pada hasil panen petani itu sendiri.

"Saat pupuk sudah tersedia di toko, tapi pada saat itu petani belum memiliki uang untuk membeli pupuk, pas di saat ada uang, pupuknya sudah tidak ada di toko. Jadi jika sudah ditebus oleh kelompok tani, atau boleh juga oleh BUMG, petani di saat ada uang tinggal membeli pada kelompok tani itu, dengan begitu saya yakin pupuk untuk petani selalu tersedia," jelasnya.

Pantauan AJNN di Kecamatan Bandar Baru, sejumlah tracktor mulai memgolah tanah untuk musim tanam rendengan. Namun, tanam rendengan kali ini pemerintah setempat juga tidak memberikan subsidi untuk olah tanah.

"MTR 2019 tidak ada subsidi untuk olah tanah. Dinas hanya dapat menyediakan subsidi benih, itupun hanya untuk beberapa kelompok tani," sebut Muzakkir.

Komentar

Loading...