Unduh Aplikasi

MS Pacific Eden kembali Singgahi Sabang

MS Pacific Eden kembali Singgahi Sabang
SABANG - Kapal wisata mewah (cruise) MS. Pacific Eden berbendera Inggris, Kamis (18/8) kemarin kembali berlabuh dipelabuhan Sabang tepatnya di Deramaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang.

Kapal yang dinahkodai oleh Cristopher James Norman, tiba di Sabang sekira Pukul 07.00 WIB, setelah menempuh pelayaran dari Phuket, Thailand.

Kapal yang sebelumnya pernah singgah di Sabang tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2016 itu, saat tiba di Sabang disambut oleh Kepala BPKS, Fauzi Husen bersama Deputi Umum, Chandra Hasan serta para unsur Direktur dilingkungan Badan Pengusaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Seperti biasanya, Penyambutan tersebut, ditandai dengan penampilan tari adat Aceh dan pengalungan bunga yang diserahkan langsung kepada Kepala BPKS, Fauzi Husen kepada penumpang yang turun pertama sekali ke dermaga.

Disela-sela penyambutan, Fauzi Husen mengatakan, kapal ini kembali lagi ke Sabang karena daerah ini memiliki kesan tersendiri bagi para penumpang dan Nahkoda Kapal.

"Ini yang kedua singgah di Sabang, penumpang merasa aman dan disambut sangat baik oleh masyarakat. Apalagi moment hari ini ada perayaan karnaval anak-anak sekolah yang membuat mereka semakin senang," kata Fauzi Husen.

Kedepan harapan BPKS dengan semakin tertariknya operator cruise singgah ke Sabang, akan mendongkrak ekonomi rakyat. Karena kunjungan cruise ini berdampak langsung, ucapnya.

"BPKS sendiri akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada operator cruise, sehingga mereka akan merasa aman dan nyaman saat singgah di Kota Sabang," harap Fauzi.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah, mengatakan kapal tersebut memiliki panjang 220 meter dengan bobot 55.877 GT (Gross Tonage).

"Ini merupakan kali kedua kapal ini singga ke Kota Sabang. Sebelumnya pada tanggal 4 Agustus kemarin, dan kali ini mereka mengangkut sebanyak 1960 wisatawan yang terdiri dari 1341 penumpang dan 619 crew," sebutnya sembari menambahkan selanjutnya kapal akan bertolak ke Singapura.

Menurutnya, dengan kunjungan Pacific Eden kali ini, tercatat bahwa kunjungan wisatawan cruise ini hampir menembus angka 8000 orang. "Kami optimis bahwa Sabang bakal menjadi “magnet” kapal-kapal cruise dunia. Karena volume kunjungan cruise ke Sabang, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Misalnya saja, sepanjang 2016, setidaknya ada 7 cruise yang singgah ke Sabang," katanya.

"Di Januari ada Silver Shadow, Seven Seas Voyager (dua kali), dan Hamburg (dua Kali). Hari ini, MS Artania, Pacific Eden (dua kali) mengunjungi Sabang. Hingga Agustus sebenarnya delapan, tetapi satu kapal pada bulan Februari yakni Silver Shadow batal masuk karena buruknya cuaca perairan." 

Dengan melihat rentetan kunjungan cruise ke kota sabang ini, dirinya berharap kota Sabang dapat menjadi primadona bagi cruise dunia.
Islamic Open Sea

Sementara itu, sebagaimana yang telah diprogramkan, pada akhir tahun mendatang, Cruise Islamic akan mengunjungi Sabang dan Banda Aceh. BPKS sedang mempersiapkan diri untuk menyambut Pelayanan Islamic open sea Singapura - Langkawi - Penang - Banda Aceh (via Pelabuhan Sabang).

Rencananya operator Cruise dari pihak Costa/Carnival akan membawa 2000 penumpang dan 900 crew. Wisatawan islamic cruise tersebut sebagian besar tujuan beberapa daerah wisata di Sabang dan Banda Aceh, kususnya Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Pada tanggal 17 - 18 Agustus 2016 merupakan pengecekan akhir terkait security port dari pihak Costa/Carnival. Pengecekan akhir ini tepat 1 tahun lalu dari inisiasi awal pada perayaan Indonesia Independent Day di Pulau Penang yang merupakan iniasiasi kerjasama KJRI Penang - Pemerintah Aceh (Disbupar Aceh, BIP Aceh dan BPKS).

Komentar

Loading...