Mosi Tidak Percaya PM Malaysia

Mosi Tidak Percaya PM Malaysia
Foto: Ist

Oleh: Andi Mallarangeng

Kabarnya PM Malaysia Muhyiddin Yasin mengajukan pengunduran diri kepada Yang Dipertuan Agung hari ini. Ini berarti upaya Koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin oleh PM Muhyiddin Yasin untuk mendapatkan dukungan mayoritas di parlemen telah gagal. 

Memang, pemerintahan minoritas tidak akan mungkin bertahan dalam sistem parlementer seperti di Malaysia. Saat ini PM Muhyiddin Yasin tetap berusaha untuk "buying time"  dengan menunda sidang parlemen hingga bulan September. Dan berharap mosi tidak percaya kepadanya akan di-counter menjadi mosi percaya. Tapi tampaknya pemerintahan sehari-hari di Malaysia tidak akan efektif dengan dipimpin oleh pemerintahan minoritas.

Apalagi, kritik utama terhadap pemerintahan PM Yasin adalah kegagalan mengatasi pandemi di Malaysia. Tanpa dukungan mayoritas, sulit bagi PM Yasin untuk menghadirkan pemerintahan yang efektif guna menghadapi pandemi ini. 

Ini bukan yang pertama dan tampaknya bukan pula yang terakhir dari daftar pemerintahan yang jatuh karena dianggap gagal menangani pandemi di negerinya.

Penulis adalah Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat 

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini