Unduh Aplikasi

Mobil 'Tanpa Sopir' Google Sering Kecelakaan

Mobil 'Tanpa Sopir' Google Sering Kecelakaan
Mobil google
CALIFORNIA - Perusahaan mesin pencari Google sudah sejak 2009 mengembangkan mobil otonom atau dapat melaju ke tujuan tanpa dikendalikan pengemudi. Total jarak uji coba mobil-mobil otonom Google sudah lebih dari 3,2 juta kilometer.

Namun pengujian tidak selalu mulus. Tercatat sudah 16 kali mobil otonom Google mengalami kecelakaan. Meski demikian, Google mengklaim bahwa kecelakaan tersebut lebih disebabkan faktor eksternal, seperti ditabrak dari belakang oleh mobil lain, bukan dari teknologi mobil otonomnya.

Kepala pengujian mobil otonom Google, Brian Torcellini, menuturkan, dua kasus kecelakaan terjadi saat awal-awal pengujian. Saat itu, teknologi mobil otonom baru benar-benar diimplementasikan. Kecelakaan ketiga terjadi saat pengemudi mengambil alih kontrol kendaraan secara manual.

Ia menegaskan, selama pengujian, seorang harus tetap berada di balik setir. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan seperti mobil melaju tidak terkendali. Google menggunakan 48 mobil, termasuk model SUV Lexus.

Rute pengujian meliputi jalan khusus, jalan raya, serta area perkotaan yang masih dekat dengan kantor Google di Amerika Serikat. Lebih dari setengah jarak perjalanan selama uji coba tersebut, mobil benar-benar berjalan sendiri.

"Saya tidak ingin membandingkan diri saya dengan astronot, tapi kira-kira seperti itulah rasanya (saat duduk di mobil otonom Google)," kata test driver mobil otonom Google, Ryan Espinosa.

Pengujian pun menunjukkan perkembangan, kini Google menggunakan kendaraan sendiri berbentuk mungil. Kali ini, mobil sudah benar-benar tidak dilengkapi dengan setir, pedal gas, rem, dan lainnya. Kontrol sudah menggunakan kombinasi sensor, laser, perangkat lunak, dan aplikasi peta.

Tidak sembarangan untuk bisa menjadi test driver mobil otonom Google. Mereka harus mengikuti pelatihan selama tiga pekan.

Google sendiri sudah mempekerjakan puluhan orang untuk menguji mobil otonomnya. Banyaknya jumlah test driver karena peraturan di California mengharuskan setiap mobil otonom yang diuji coba harus dinaiki dua orang. Saat ini, Google memiliki 25 mobil sendiri dan 23 unit Lexus.

Jika semua berjalan dengan rencana, maka mobil otonom Google akan terealisasi pada 2020.

OKEZONE

Komentar

Loading...